Evaluasi Penggunaan Aplikasi Sideka

TUNGGAL WARGA-Sebelum di tetapkan Undang-Undang nomor 6 tahun 2014 tentang Desa, sebutan Desa atau Kampung sangat identik dengan segala macam keterbelakangan baik sumber daya manusia maupun teknologi.

Aparatur Kampung sebagian besar belum bisa mengoperasikan komputer, karena keterbatasan kemampuan kampung di bidang anggaran yang di gunakan untuk pemberdayaan dan pengadaan barang dan jasa juga belanja modal.

Sekarang Kampung diharapkan menjadi Kampung yang lebih maju sebelum ada Undang-undang nomor 6 tahun 2016 tentang Desa.

Karena kampung di beri kewenangan mengelola anggaran sendiri yaitu dana desa yang bersumber dari APBN dan Alokasi Dana Desa yang bersumber dari APBD.

Adapun salah satu prioritas dari penggunaan dana desa adalah untuk kegiatan pemberdayaan.

Dengan adanya prioritas dari penggunaan dana desa untuk kegiatan pemberdayaan. Diharapkan kampung mempunyai aparatur Kampung yang mempunyai kemampuan SDM yang lebih berkualitas.

Saat ini aparatur Kampung khususnya operator kampung mulai giat melakukan pelatihan-pelatihan di bidang informasi teknologi (IT) untuk melaksanakan pengelolaan keuangan kampung (SISKEUDES) dan pengelolaan sistem informasi kampung (SIMDESA) juga pengelolaan situs desa.

Untuk pengelolaan tersebut sangat dibutuhkan SDM yang berkualitas. Dan di butuhkan kemauan yang keras untuk terus belajar, supaya lebih profesional dalam pengelolaan.

Khususnya di kecamatan Banjar Agung telah dilakukan pelatihan beberapa kali yang di bimbing oleh RelawanTik Dana Putra Yuda yang di ikuti oleh 11 admin dari 11 kampung.

Pada hari Selasa tanggal 4 Juli 2017 di adakan pertemuan atau evaluasi mengenai penggunaan aplikasi Sideka dan situs desa bertempat di kantor kampung Tunggal Warga.

Acara di mulai pada pukul 20.00 WIB .Banyak materi yang di bahas. Antara lain mengenai cara input data Sideka, cara posting di situs desa yang benar dan lebih berkualitas , dan banyak materi yang lain.

Yang jelas masih banyak yang harus di pelajari dan di butuhkan kemauan yang keras demi kemajuan kampung.

Alhamdulillah khususnya di kecamatan Banjar Agung memiliki RelawanTik Mas Dana Putra Yuda yang begitu sabar dan gigih membimbing para admin kampung .

Tanpa beliau mungkin belum bisa seperti sekarang ini. Beliau tak kenal waktu meskipun gak terasa sudah jam 3 dini hari baru berhenti dari pelatihan dan evaluasi . Sampai jumpa lagi di pelatihan selanjutnya. Tetap semangat.

Para admin sideka sedang mengadakan pelatihan. Dokumentasi by JAINI.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Komentari