Benih jagung bantuan dari dinas pertanian

TUNGGAL WARGA- Petani di Kampung Tunggal Warga melalui Kelompok Tani Mulya Tani II tiga bulan yang lalu mendapatkan bantuan benih jagung dari Dinas Pertanian Kabupaten Tulang Bawang.

Setiap hektar lahan mendapatkan bantuan benih jagung Pioneer 35 sebanyak 15 Kg.

Luas lahan yang di tanam seluas 15 hektar yang merupakan lahan dari anggota kelompok tani Mulyo Tani II.

Dalam pelaksanaan Budi daya di bimbing oleh Petugas Penyuluh Pertanian Lapangan Ibu Ria Fitriana, SP.

Secara teknis telah di sampaikan oleh mbak Ria nama panggilan sehari-harinya, pada saat pembagian benih jagung kepada anggota kelompok tani. Mulai dari persiapan lahan, penanaman, perawatan sampai panen.

Salah satu anggota kelompok tani Bapak Sunardi menanam jagung seluas 1 hektar. Beliau menanam tanggal 16 April 2017 dengan jarak tanam 30 cm x 75 cm .

Di bulan pertama terkendala curah hujan yang rendah. Alhamdulillah gak terlalu lama hujan mulai turun lagi, sehingga tanaman jagung bisa berkembang dengan baik.

Dalam keterangan beliau, tanaman jagung di pupuk dengan pupuk urea 200 Kg, Kcl 100 Kg dan Tsp sebanyak 100 Kg.

Saat saya ambil gambar tanaman jagung tersebut, umur jagung udah tiga bulan dan tinggal nunggu panen. Alhamdulillah sebentar lagi panen, mudah-mudahan hasilnya memuaskan, tutur beliau. 

Pak Nardi juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dinas Pertanian Kabupaten Tulang Bawang melalui Petugas Penyuluh Pertanian Lapangan Kampung Tunggal Warga Mbak Ria Fitriana, SP.

Yang telah memberikan bantuan benih jagung dan juga memberikan bimbingan mengenai teknis budidaya tanaman jagung.

Permohonan kami selaku petani mohon kalau ada bantuan benih jagung lagi di berikan di bulan 10 atau awal musim hujan, sehingga pertumbuhan bisa maksimal sehingga produksi bisa lebih maksimal lagi.

Kalau bisa selain benih jagung, ada juga bantuan berupa pupuk, sehingga bisa lebih meringankan biaya operasional petani, selanjutnya bisa meningkatkan pendapatan petani menuju kesejahteraan petani.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Komentari