Upacara peringatan HUT- RI ke – 72

tunggalwarga.desa.id ( 17/08/2017 ) Pada hari ini kamis tanggal 17 Agustus 2017 kurang lebih pukul 08.30 WIB di mulai pelaksanaan upacara penaikan bendera sang saka merah putih dalam rangka peringatan HUT RI ke – 72 oleh Kecamatan Banjar Agung yang di laksanakan di Lapangan Kampung Banjar Dewa Kecamatan Banjar Agung Kabupaten Tulang Bawang.

Upacara di ikuti oleh Camat Banjar Agung beserta semua Staff di Kecamatan Banjar Agung, Kepala Kampung dan aparatur Kampung se-Kecamatan Banjar Agung, Anggota BPK se-Kecamatan Banjar Agung, Anggota PKK se-Kecamatan Banjar Agung, Anggota PSM Kecamatan Banjar Agung, Anggota Ormas, siswa-siswi SD sampai SMA/SMK se-Kecamatan Banjar Agung, pasukan paskibra, peserta marching band, dan peserta paduan suara.

Serda Supriono anggota kodim 0426/TB selaku komandan upacara penaikan bendera merah putih. Dokumentasi by JAINI.

Yang bertindak sebagai petugas dalam rangka Upacara Penaikan Bendera peringatan HUT RI ke-72 Kecamatan Banjar Agung adalah sebagai berikut.

Sebagai inspektur upacara adalah Camat Banjar Agung Bapak Sudirman, SH. Komandan upacara di tugaskan kepada Serda Supriono anggota TNI dari Kodim 0426/TB yang juga sebagai Babinsa Kampung Dwi Warga Tunggal Jaya.

Selaku Perwira adalah Pelda Muslani yang juga anggota TNI dari Kodim 0426/TB. Sebagai ajudan inspektur upacara di laksanakan oleh Sudarman Mega Anggota Satpol PP Kecamatan Banjar Agung.

Pasukan pengibar bendera pusaka di tugaskan kepada siswa/siswi SMA/SMK se-Kecamatan Banjar Agung.

Teks proklamasi di bacakan oleh Parlan sekdes Kampung Banjar Dewa.

Pembacaan doa di bacakan oleh Kepala KUA Banjar Agung. Kelompok paduan suara di tugaskan kepada siswa/siswi SMP Lentera Harapan.

Dan untuk marching band di laksanakan oleh marching band dari SMP NEGERI 3 Banjar Agung dan marching band dari SMA NEGERI 1 Banjar Agung.

Adapun rangkaian kegiatan upacara penaikan bendera sang saka merah putih di awali dengan menyiapkan pasukan masing-masing oleh komandan pasukan.

Selanjutnya Komandan Upacara Serda Supriono memasuki lapangan upacara mengambil alih komando.

Kemudian inspektur upacara camat Banjar Agung Bapak Sudirman,SH memasuki lapangan upacara yang di lanjutkan dengan pemberian penghormatan kepada inspektur upacara yang di pimpin oleh komandan upacara.

Selanjutnya laporan Komandan Upacara kepada inspektur upacara bahwa upacara siap di laksanakan. Inspektur upacara menjawab laporan komandan upacara dengan tegas. ” Laksanakan “.

Komandan upacara menjawab juga dengan tegas ” Siap laksana”. Kemudian memberi hormat kepada inspektur upacara dan kembali ke posisi semula.

Para Kepala Kampung se-Kecamatan Banjar Agung duduk di podium Lapangan Banjar Dewa. Dokumentasi by JAINI.

Peserta upacara kemudian mendengarkan pembacaan naskah proklamasi yang di bacakan dengan begitu hidmat oleh Bapak Parlan sebagai petugas pembaca naskah proklamasi.

Di lanjutkan dengan mengheningkan cipta mendoakan para pahlawan yang telah gugur memperjuangkan kemerdekaan Indonesia yang di pimpin oleh inspektur upacara.

Kemudian pembacaan doa oleh Kepala KUA Banjar Agung yang di amini oleh para peserta upacara.

Kemudian Pelaksanaan pengibaran bendera sang saka merah putih yang merupakan kegiatan yang paling di tunggu-tunggu yang merupakan inti dari kegiatan upacara ini.

Pengibaran di laksanakan oleh siswa/siswi SMA/SMK se-Kecamatan Banjar Agung.

Pelaksanaan pengibaran bendera merah putih berjalan dengan lancar sampai sang saka merah putih berkibar di ujung tiang bendera.

Sang saka merah putih berkibar di ujung tiang bendera yang di naikkan oleh pasukan pengibar bendera pusaka. Dokumentasi by JAINI.

Komandan upacara memberikan laporan kepada inspektur upacara bahwa upacara telah selesai di laksanakan di lanjutkan dengan penghormatan kepada inspektur upacara. Kemudian inspektur upacara meninggalkan lapangan upacara.

Di lanjutkan dengan menyanyikan lagu-lagu wajib oleh kelompok paduan suara dari siswa/siswi SMP Lentera Harapan Banjar Agung.

Kemudian dilanjutkan dengan penampilan marching band dari SMP NEGERI 3 BANJAR AGUNG setelah selesai dilanjutkan lagi dengan penampilan marching band dari SMA NEGERI 1 BANJAR AGUNG.

Team marching band dari SMP negeri 3 Banjar Agung. Dokumentasi by JAINI.

Penampilan marching band dari SMA NEGERI 1 BANJAR AGUNG merupakan rangkaian kegiatan terakhir dari Pelaksana upacara penaikan bendera sang saka merah putih dalam rangka  peringatan HUT RI ke – 72.

Team marching band dari SMA NEGERI 1 BANJAR AGUNG. Dokumentasi by JAINI.

Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan poto bersama . Selesai sudah rangkaian kegiatan upacara penaikan bendera sang saka merah putih pada pagi hari ini.

Kegiatan akan di lanjutkan dengan upacara penurunan bendera sang saka merah putih yang akan di laksanakan pukul 15.00.

Poto bersama Uspika Kecamatan Banjar Agung dan Kepala Kampung se-Kecamatan Banjar Agung. Dokumentasi by JAINI.
Poto bersama anggota paskibraka dengan Uspika kecamatan Banjar Agung dan Kepala Kampung se-Kecamatan Banjar Agung. Dokumentasi by JAINI.
Poto bersama team marching band dari SMA NEGERI 1 Banjar Agung dan team marching band dari SMP negeri 3 Banjar Agung. Dokumentasi by JAINI.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Komentari