Nonton bareng film “G 30 S PKI” di lapangan ethanol

tunggalwarga.desa.id ( 01/10/2017 ).

Pukul 19.30 wib tadi malam tanggal 30 September 2017 lapangan Ethanol Kampung Tunggal Warga mulai di penuhi oleh warga masyarakat yang akan menyaksikan pemutaran film G 30 S PKI yang di prakarsai oleh Kodim 0426 Kabupaten Tulang Bawang.

Warga masyarakat menunggu pemutaran film sambil duduk rapi di lapangan ada yang bawa alas atau tikar dari rumah dan ada yang duduk tanpa alas.

Mereka sangat antusias ingin menyaksikan film tersebut yang memang sudah lama tidak di putar semenjak tahun 1998 setelah lengsernya rezim orde baru.

Selama kurang lebih 14 tahun pada zaman orde baru film G 30 S PKI wajib di putar setiap tanggal 30 September di stasiun TV dan di lihat oleh seluruh rakyat Indonesia.

Sudah kurang lebih 19 tahun film tersebut sudah tidak pernah di putar lagi di stasiun TV.

Film mulai di putar sekitar pukul 20.00 wib yang diputar menggunakan media layar tancap. Sehingga seperti melihat hiburan layar tancap yang merupakan hiburan rakyat yang sudah lama jarang di lihat.

Para penonton sangat hidmat menyaksikan film tersebut. Terutama bagi generasi muda yang memang belum pernah menyaksikan film tersebut.

Menjadikan mereka mengerti akan kejadian sejarah kekejaman PKI dengan gerakan 30 September nya pada waktu itu.

Dari pemutaran film ini di harapkan generasi muda bisa mengambil hikmah dari sejarah tersebut dan bisa menangkal segala macam faham laten komunis yang sangat berbahaya bagi bangsa Indonesia ini.

Pada acara ini di hadiri oleh  Bapak Bupati Tulang Bawang yang di wakili oleh Bapak Khamami Ria selaku Kepala Dinas DPMK/K, anggota Kodim 0426 Kabupaten Tulang Bawang, anggota Kepolisian dari Polres Tulang Bawang dan Polsek Banjar Agung, anggota Ormas NU,anggota Ormas FKPPI, anggota satpol PP, Kepala Kampung Tunggal Warga dan aparatur nya, juga Kepala Kampung dan aparatur Kampung Warga Makmur Jaya.

Pemutaran film sempat terkendala macet tapi berhasil di atasi.

Pemutaran film berakhir kurang lebih pukul 23.00 wib. Warga masyarakat meninggalkan lapangan Ethanol Kampung Tunggal Warga dengan membawa ingatan kembali sejarah yang tidak boleh di lupakan.

Semoga dengan pemutaran film ini menjadikan kita mawas diri dengan faham atau ajaran yang akan memecah belah persatuan dan kesatuan Indonesia yang berdasarkan Pancasila sebagai satu-satunya ideologi negara kita.

Warga masyarakat antusias menyaksikan pemutaran film G 30 S PKI di lapangan Ethanol Kampung Tunggal Warga. Dokumentasi by JAINI.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Komentari