Pelatihan peningkatan kapasitas kader pkk Tahun 2017

Kepala Kampung Tunggal Warga dan Kepala Kampung Banjar Dewa beserta nara Sumber sudah menempati tempat yang disediakan oleh Panitia. Dokumentasi by JAINI

tunggalwarga.desa.id ( 21/11/2017 ).

Pada hari ini Selasa tanggal 21 November 2107 di adakan pelatihan peningkatan kapasitas kader PKK yang di laksanakan di Balai Kampung Tunggal Warga Kecamatan Banjar Agung.

Acara pelatihan ini di ikuti oleh kader PKK dari dua kampung yaitu Kampung Tunggal Warga dan Kampung Banjar Dewa.

Sebagai nara sumber Pelatihan PKK ini adalah Yudi Hartawan dan Edi Mulyadi dari Dinas DPMK/K dari Kasi PKK dan Kabag PKK. 

Para peserta pelatihan peningkatan kapasitas kader PKK dari Kader PKK Kampung Tunggal Warga dan Kader PKK Kampung Banjar Dewa. Dokumentasi JAINI

Dalam acara tersebut di hadiri juga oleh Kepala Kampung Tunggal Warga Bapak Bahrin Purwo Wigno dan Kepala Kampung Banjar Dewa yang baru di lantik yaitu Ibu Asri.

Acara di mulai pukul 09.30 yang di pandu oleh pembawa acara Ibu Musyarafah yang merupakan kader PKK Kampung Tunggal Warga.

Acara di awali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Di lanjutkan dengan Sambutan Kepala Kampung Tunggal Warga. 

Kepala Kampung Tunggal Warga Bapak Bahrin Purwo Wigno sedang menyampaikan sambutan. Dokumentasi JAINI

Dalam sambutannya Kepala Kampung Tunggal Warga mengharapkan agar para kader PKK dapat mengambil manfaat dari pelatihan ini.

Untuk di aplikasikan dalam kegiatan PKK sesuai tugas pokok dari Pokja masing-masing yang terdiri dari empat Pokja atau kelompok kerja.

Sambutan yang kedua di sampaikan oleh Ibu Neneng selaku perwakilan dari Kader PKK.

Dalam sambutannya Bu Neneng sangat senang di adakan acara pelatihan ini. Harapan beliau dari pelatihan ini bisa dapat ilmu yang bermanfaat guna kemajuan lembaga PKK ini.

Dan di harapkan bagi kader dapat menambah keterampilan yang bisa bermanfaat bagi keluarga.

Ibu Neneng menyampaikan sambutan mewakili kader PKK. Dokumentasi JAINI

Selanjutnya dilanjutkan dengan pembacaan doa yang dibacakan oleh Bapak Parlan yang merupakan sekretaris Kampung Banjar Dewa.

Bapak Parlan Sekdes Kampung Banjar Dewa sedang membacakan do’a . Dokumentasi JAINI.

Acara di lanjutkan dengan pemaparan materi dari Nara sumber pertama yaitu Bapak Yudi Harnawan dari Kasi PKK dinas DPMK/K Kabupaten Tulang Bawang.

Beliau menyampaikan bahwa PKK adalah lembaga yang penting yang merupakan lembaga pemberdayaan bagi ibu-ibu.

Bapak Yudi Harnawan sedang memberikan materi. Dokumentasi JAINI.

Dalam pelaksanaan undang-undang desa, PKK bisa mengajukan anggaran kegiatan untuk operasional kegiatan PKK sesuai Pokja masing-masing di sampaikan kepada Kepala Kampung untuk tahun anggaran 2018.

Apalagi untuk sekarang ini belum terlambat untuk mengajukan anggaran karena memang Kampung baru akan menyusun rencana kerja pemerintah Kampung ( RKP ) untuk tahun 2018.

“Sekretaris PKK sudah harus menyusun rencana kerja dan program kerja untuk tahun anggaran 2018 untuk empat Pokja dan menyusun dalam rencana anggaran biaya dan di ajukan ke Kepala Kampung,” demikian pemaparan dari Bang Yudi panggilan akrab beliau.

Penyampaian materi yang kedua di sampaikan oleh Bapak Edi Mulyadi yang juga dari Kabag PKK Dinas DPMK/K Kabupaten Tulang Bawang.

Beliau menyampaikan panjang lebar mengenai tugas pokok dan fungsi dari empat Pokja yang sudah ada di modul yang telah di bagikan kepada peserta pelatihan.

Bapak Edi Mulyadi sebagai nara sumber sedang memaparkan materi. Dokumentasi JAINI

Beliau Bapak Edi Mulyadi juga menyampaikan secara teknis mengenai cara-cara pengajuan anggaran yang di ajukan kepada Kepala Kampung. Apa yang boleh di ajukan dan tidak boleh di ajukan. 

Setelah pemaparan panjang dan lebar dari Bapak Edi Mulyadi acara selesai dan dilanjutkan dengan makan siang yang di siapkan oleh panitia.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Komentari