Bursa inovasi kampung tahun 2017

Tunggal Warga Kecamatan Banjar Agung Kabupaten Tulang. Pada tanggal 6 Desember yang lalu, di adakan acara Bursa Inovasi Kabupaten Tulang Bawang tahun 2017. Acara tersebut di Prakarsai oleh Dinas DPMK/K Kabupaten Tulang Bawang, yang di dukung oleh Pendamping Desa di Kabupaten Tulang Bawang.Daftar undangan dalam acara tersebut antara lain : Asisten 1 bidang pemerintahan dan sosial Kabupaten Tulang Bawang, Kepala Bappeda Litbang, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Koperasi dan UMKM, Dinas Komunikasi dan informasi, Camat se-kabupaten Tulang Bawang, Perwakilan tokoh masyarakat, Perwakilan perguruan tinggi, Perwakilan NGO,  Perwakilan dunia usaha, Kepala Kampung, Badan Permusyawaratan Kampung, Bumkam dan TPID se-Kabupaten Tulang Bawang.

Acara tersebut di laksanakan di Gedung Olah Raga ” Twin Futsal “ gedung Olah Raga milik seorang warga masyarakat Kampung Tunggal Warga bernama Solihin yang bekerja di Dinas Pendidikan Kabupaten Tulang Bawang.Rangkaian kegiatan pada acara tersebut antara lain : sambutan dari Kepala Dinas DPMK/K, sambutan Bupati Tulang Bawang, sambutan Ketua Panitia penyelenggara, pembacaan do’a, kemudian dilanjutkan dengan acara inti yaitu pemilihan bursa inovasi desa.

Sambutan dari Kepala Dinas DPMK/K  di wakili oleh Bapak Pahada. Dalam sambutannya beliau mengharapkan kegiatan pada hari ini bisa bermanfaat bagi Kampung khususnya dan Kabupaten Tulang Bawang pada umumnya. Diharapkan Kepala Kampung dan Badan Permusyawaratan Kampung bisa memilih inovasi desa yang benar-benar sangat di butuhkan oleh Kampung.

Sambutan Bapak Pahada mewakili Kepala Dinas DPMK/K Kabupaten Tulang Bawang. ( Dok. JAINI ).

Sambutan selanjutnya di sampaikan oleh Drs. Tamami Akib yang mewakili Bupati Tulang Bawang. Dalam sambutan tertulis yang di bacakan beliau, Bupati menyampaikan permohonan ma’af tidak bisa menghadiri acara tersebut. Beliau juga menyampaikan permohonan ma’af, apabila selama memimpin Tulang Bawang masih belum sesuai dengan harapan masyarakat di Tulang Bawang. Dalam kesempatan ini juga Bapak Bupati mohon pamit karena masa jabatan sebagai Bupati sudah akan berakhir.

Drs.Tamami Akib mewakili sambutan Bupati Tulang Bawang. ( Dok. JAINI )

Sambutan yang terakhir dari Ketua Panitia penyelenggara. Beliau menyampaikan ma’af apabila dalam penyambutan, dalam menyediakan tempat, dan pelayanan kami selama acara ini masih banyak kekurangan. Mudah-mudahan acara ini bisa berjalan dengan lancar sesuai dengan maksud dan tujuan di laksanakan acara ini.

Ketua Panitia penyelenggara sedang memberikan sambutan. Dok. JAINI.

Pembacaan do’a di bawakan oleh Ustad Muhammad Rasyidi yang juga sebagai pendamping lokal desa di Kabupaten Tulang Bawang.

Pembacaan do’a oleh Ustadz Muhammad Rasyidi. ( Dok. JAINI ).

Selesai pembacaan do’a para peserta di persilahkan memasuki bilik bursa. Bilik bursa ada dua yaitu bilik bursa A dan bilik bursa B. Kampung di wajibkan memilih satu kegiatan di masing – masing bursa.Di bursa A ada 21 sajian inovasi Kampung. Secara umum sajian inovasi di bursa A meliputi kegiatan di bidang pendidikan dan kesehatan. Kemudian di rinci secara khusus menjadi 21 kegiatan.

Kegiatan yang ada di bursa A. ( Dok. JAINI ).

Lanjutan Kegiatan yang ada di bursa A. ( Dok. JAINI ).

Setelah memilih salah satu kegiatan di bursa A,  di tulis dalam lembaran yang di sediakan oleh panitia.Di tanda tangani oleh Kepala Kampung dan Ketua Badan Permusyawaratan Kampung, kemudian di beri stempel Kampung dan stempel bursa A. Selesai di bursa A, menuju ke bilik bursa B. Di bilik B juga sama seperti di bilik bursa A. Cuma bedanya di bursa B memilih kegiatan yang berhubungan dengan kegiatan fisik. Di bursa B ada 15 kegiatan. Kepala Kampung dan Badan Permusyawaratan Kampung harus memilih salah satu dari 15 kegiatan tersebut. Kemudian di tanda tangani oleh Kepala Kampung dan Ketua BPK, baru di setor ke panitia bursa B. 

Kegiatan yang ada di bursa B. ( Dok. JAINI ).

Lanjutan kegiatan yang ada di bursa B. ( Dok. JAINI ).

Selesai pemilihan Kegiatan di bursa A dan bursa B, peserta bisa mengambil jatah makan siang dengan menunjukkan kupon dan mengambil souvenir dari panitia. Dan sudah bisa meninggalkan tempat acara kembali ke rumah masing-masing.</

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Komentari