Kegiatan pelatihan aplikasi siskeudes

tunggalwarga.desa.id ( 17/12/2017 ). Untuk kedua kalinya diadakan pelatihan siskeudes. Pelatihan siskeudes yang pertama di laksanakan pada tanggal 11 sampai dengan 14 Mei 2017 di hotel horison Bandar Lampung. Peserta pelatihan pada saat itu sekretaris Kampung dan Operator Kampung. Anggaran untuk pelatihan siskeudes yang pertama di ambil dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Kampung  tahun 2017 yang bersumber dari dana desa, dengan jumlah anggaran 6 juta.

Para operator siskeudes dari kecamatan Banjar Agung yang mengikuti pelatihan siskeudes. Dokumentasi by JAINI.

Pelatihan siskeudes yang kedua di laksanakan tanggal 11 s/d 12 Desember 2017 di Kantor Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan Bandar Lampung. Materi yang di pelajari pelatihan kedua ini hampir sama dengan materi yang di pelajari pada pelatihan siskeudes yang pertama. Yang berbeda dalam pelatihan kali ini sudah adanya paramater kegiatan dari Kabupaten. Aplikasi siskeudes ini tidak bisa di jalankan kalau parameter dari Kabupaten belum ada.

Pelatihan siskeudes kali ini di ikuti oleh operator siskeudes se-Kabupaten Tulang Bawang. Anggaran yang di gunakan dalam kegiatan pelatihan kali ini di bebankan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Kampung . Tapi jumlah anggaran yang digunakan dalam pelatihan kali ini belum masuk dalam APBKam tahun 2017, dan akan di bebankan pada APBKam perubahan tahun 2017.

Di hari pertama pelatihan di lakukan penginstalan ulang aplikasi siskeudes yang baru. Mengapa harus di instal ulang ? Padahal semua operator siskeudes sudah punya aplikasi ini pada pelatihan yang pertama. Jawabannya adalah karena di aplikasi siskeudes yang lama belum ada parameter dari Kabupaten. Sehingga perlu di instal ulang agar aplikasi ini bisa digunakan. Setelah semua operator siskeudes berhasil menginstal aplikasi ini di lanjutkan dengan login untuk belajar menggunakan aplikasi ini.

Tamapilan di layar laptop saat login aplikasi siskeudes. Dokumentasi by JAINI.

Seperti pada pelatihan siskeudes yang pertama. Setelah login dengan memasukkan User ID dan Password dan di klik ok baru bisa membuka menu pilihan yang ada di sebelah kiri atas monitor. Menu pertama yang di buka adalah data entri di sorot penganggaran baru di sorot isian data penganggaran terus di klik satu kali akan muncul tampilan nama kampung dan di bawahnya Data Umum dan Penganggaran.

Di sebelah kiri ada pilihan menu dari data umum desa, kegiatan, pendapatan, belanja, pembiayaan 1 dan pembiayaan 2. Menu-menu inilah yang harus di buka dan di isi datanya satu persatu harus sesuai urutan. Setelah semua data terisi dengan benar. Bisa langsung muncul tampilan APBKam dan Rab , dan bisa langsung di cetak.

Tampilan saat di pilih menu data entri. Dokumentasi by JAINI.

Di hari pelatihan yang kedua karena pengisian data di data entri oleh peserta belum selesai semua. Para pelatih memberikan pelatihan mengenai menu pelaporan. Di menu pelaporan ini bagian yang sangat penting karena berisi penganggaran, penata usahaan dan pembukaan. Penganggaran berisi anggaran pendapatan dan belanja desa. Di penata usahaan berisi laporan penata usahaan keuangan desa seperti buku kas umum desa, buku pembantu pajak , buku pembantu penerimaan, buku pembantu kegiatan, sampai register kuitansi pembayaran.

Kalau pengisian data-data sudah benar, laporan penata usahaan keuangan akan muncul secara otomatis dan tinggal mencetak. Ini akan lebih mempermudah dalam pembuatan laporan pertanggung jawaban keuangan di bandingkan dengan yang sistim manual. Mudah-mudahan aplikasi ini sudah bisa di gunakan di tahun anggaran 2018, menuju tatakelola keuangan desa yang bersih dan transparan.

Tampilan di menu laporan yang berisikan penata usahaan pengelolaan keuangan desa. Dokumentasi by JAINI.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Komentari