Musrenbang kampung tunggal warga Tahun 2017

tunggalwarga.desa.id ( 17/12/2017 ). Tahapan perencanaan kegiatan pembangunan kampung adalah penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Kampung ( RPJM-Kam ). Kemudian menyusun Rencana Kerja Pemerintah Kampung ( RKP-Kam). Yang terakhir baru menyusun Anggaran Pendapatan dan Belanja Kampung ( APBKam ).

Peserta yang hadir dalam kegiatan Musrenbang Kampung Tunggal Warga sedang mengusulkan kegiatan di wilayahnya masing-masing. Dokumentasi by JAINI.

Bagi Kampung yang Kepala Kampungnya baru di lantik di wajibkan menyusun RPJM-Kam, baru menyusun RKP-Kam dan APBKam.Kampung Tunggal Warga tahapan perencanaan yang harus di laksanakan adalah penyusunan RKP-Kam dan APBKam.Dalam penyusunan RKP-Kam yang harus di laksanakan adalah mengadakan Musyawarah Rencana Pembangunan Kampung atau Musrenbang Kampung.

Kegiatan Musrenbang itu adalah membuat perencanaan kegiatan pembangunan apa saja yang akan dilaksanakan di anggaran tahun depan.Adapun kegiatan pembangunan di ambil dari dokumen RPJM-Kam sesuai dengan urutan skala prioritas.

Kampung Tunggal Warga telah melaksanakan kegiatan Musrenbang yang di hadiri oleh semua aparatur Kampung, anggota BPK, anggota LPMK, anggota PKK, anggota Karang Taruna, tokoh masyarakat dan tokoh agama.

Peserta yang hadir dalam kegiatan Musrenbang Kampung Tunggal Warga. Dokumentasi by JAINI.

Dalam Musrenbang tersebut telah berhasil di putuskan mengenai kegiatan pembangunan apa saja yang akan dilaksanakan di tahun anggaran 2018.Dari kegiatan yang akan dilaksanakan di tahun anggaran 2018 terlebih dahulu di lakukan penghitungan Rencana Anggaran Biaya ( RAB ) yang akan di masukkan dalam dokumen RKP-Kam.Dalam penghitungan Desain dan RAB di kerjakan oleh tenaga ahli di bidang tehnik.

Peserta yang hadir dalam kegiatan Musrenbang Kampung Tunggal Warga. Dokumentasi by JAINI.

Di dalam RAB itulah tercantum anggaran yang diperlukan untuk pelaksanaan kegiatan pembangunan di tahun anggaran tersebut.Setelah semua kegiatan pembangunan sudah di RAB. Tinggal di masukkan dalam APBKam menyesuaikan dengan pagu anggaran tahun 2018.

Jadi tidak semua kegiatan hasil Musrenbang bisa terealisasi di tahun anggaran 2018, karena ada penghitungan persentase anggaran yang bisa di ambil untuk kegiatan pembangunan berdasarkan jumlah pagu anggaran yang akan di terima. 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Komentari