Yasinan 100 harinya mbah wagirah

tunggal warga.desa.id ( 17/12/2017 ). Sehabis sholat Isya para undangan mulai mendatangi kediaman Mbah Paikin dalam rangka memenuhi undangan dari Zainal Abidin, yang merupakan salah satu anak dari Mbah Paikin. Tujuan dari undangan ini adalah untuk mengirim do’a buat almarhumah Mbah Wagirah binti Karto Dimejo yang  hari ini bertepatan 100 hari meninggalnya . Meski turun hujan, tidak menghalangi para undangan untuk datang ke kediaman Mbah Paikin yang merupakan suami dari Almarhumah Mbah Wagirah.

Para jama’ah Yasin memasuki tempat yang telah di siapkan. Dokumentasi by ZAINI.

Setelah para undangan telah hadir semua. Di mulailah dengan pembacaan Surat Yasin dan Tahlil yang di imami oleh Ustadz Ni’matullah. Ustadz ni’matulloh adalah salah satu putra dari Kiyai Ahmad Mundzakir yang merupakan seorang ulama yang sangat hormati di Kampung Tunggal Warga. 

Ustadz Ni’matulloh sedang mengimami pembacaan surat Yasin. Dokumentasi by JAINI.

Ustadz ni’matulloh meskipun masih muda, tapi sudah menjadi imam dalam ibadah sholat di masjid dan kegiatan ibadah yasinan. Karena pengetahuan beliau di bidang agama memang sudah mumpuni. Makanya pada pembacaan surat Yasin dan Tahlil kali ini pihak keluarga meminta Ustadz Ni’matulloh untuk menjadi imamnya.

Seperti biasanya, sebelum pembacaan surat Yasin di awali dengan tawasul kepada Nabi Muhammad SAW dan sahabat beliau, kepada para malaikat Alloh, baru di khususkan kepada Almarhumah Mbah Wagirah binti Karto Dimejo. Selesai tawasul langsung di lanjutkan pembacaan surat Yasin.

Kepala Kampung Tunggal Warga Bapak Bahrin Purwo Wigno juga hadir memenuhi undangan. Dokumentasi by JAINI.

Ayat demi ayat di baca dengan khusuk oleh jama’ah Yasin. Akhirnya sampai pada ayat terakhir dalam surat Yasin. Kemudian di lanjutkan dengan pembacaan tahlil yang di dalamnya adalah bacaan surat-surat dalam Al-Qur’an seperti Surat Al-fatihah, surat Al-Ikhlas, surat Al-falaq, surat An-Nas dan surat Al-Baqarah. 

Selain pembacaan surat-surat tersebut juga mengucapkan sholawat kepada Nabi Muhammad, membaca istighfar, tasbih, dan kalimah toyyibah. Rangkaian pembacaan tahlil ini di akhiri dengan pembacaan do’a yang di imami oleh ustadz Ni’matulloh dan di amini oleh semua jama’ah Yasin. Selesai sudah kegiatan pembacaan surat Yasin dan Tahlil pada malam hari ini. Mudah-mudahan dengan pembacaan surat Yasin dan Tahlil ini bisa meringankan dosa-dosa Almarhumah Mbah Wagirah binti Karto Dimejo. Aamiin ya Alloh robbal’alamiin.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Komentari