Pengajian akbar dalam rangka memperingati maulid nabi muhammad saw

Tunggal Warga – Tulang Bawang : Selesai sholat Isya’ kaum muslimin dan muslimat dari Kampung Tunggal Warga dan sekitarnya mulai berdatangan ke Masjid Nurul Iman untuk menghadiri acara pengajian akbar. Mereka ada yang memakai kendaraan mobil, sepeda motor, bahkan ada yang berjalan kaki.

Para pengunjung yang membawa mobil dan motor panitia menyediakan tempat parkir di lapangan Ethanol. Setelah memarkir kendaraannya mereka langsung masuk ke lokasi pengajian dan di sambut oleh panitia sambil di beri satu kotak snek.

Selanjutnya para kaum muslimin dan muslimat menempati kursi yang sudah di persiapkan oleh panitia. Jama’ah perempuan duduk di sebelah kanan dan jama’ah laki-laki duduk di sebelah kiri. Jama’ah memenuhi kursi yang tersedia. Dan ada uang menempati di emperan Masjid Nurul Iman. Kurang lebih ada 1000 jama’ah yang hadir dalam pengajian akbar ini.

Jama’ah laki-laki menempati tempat duduk sebelah kiri. Dokumentasi by JAINI.

Jama’ah pengajian perempuan menempati tempat duduk di sebelah kanan. Dokumentasi by JAINI.

Sebelum acara dimulai, jama’ah di hibur oleh Hadroh gabungan dari jama’ah sholawat sintu duror dan Hadroh dari kampung tetangga. Kurang lebih selama satu jam mereka mengalunkan sholawatan sambil di iringi tetabuhan khas Hadroh.

Musik Hadroh mengisi waktu sebelum pengajian akbar di mulai. Dokumentasi by JAINI.

Kepala Kampung Tunggal Warga Bapak Bahrin Purwo Wigno hadir dalam pengajian akbar ini. Dokumentasi by JAINI.

Kurang lebih pukul 21.00 WIB acara di mulai. Pembawa acara membacakan susunan acara yang akan dilaksanakan pada malam.hari ini. Adapun susunan acara sebagai berikut :

  1. Pembukaan
  2. Pembacaan ayat suci Al-Qur’an
  3. Sambutan dari Ketua Panitia
  4. Sambutan dari Kementerian Agama Kabupaten Tulang Bawang
  5. Tausiyah yang di sampaikan oleh DR.KH. Muhammad Lukman Hakim, MA.     
  6. Penutup

Pembawa acara memulai dengan acara yang pertama yaitu pembukaan dan di buka dengan pembacaan Ummul Kitab. Dilanjutkan dengan acara kedua pembacaan ayat suci Alqur’an yang bawakan oleh Ustadz Zainul Mustaqim,SPd. Kemudian dilanjutkan dengan acara yang ketiga yaitu sambutan dari Ketua Panitia Bapak Adam. 

Pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Ustadz Zainul Mustaqim, SPd. Dokumentasi by JAINI.

Dalam sambutannya beliau menyampaikan terima kasih semua pihak yang telah menyumbangkan materi dan tenaganya sehingga dapat terlaksananya acara pengajian akbar ini. Beliau memohon ma’af kepada para tamu undangan apabila dalam penyambutan dan penyediaan tempat masih banyak kekurangan.

Beliau menyampaikan bahwa rangkaian peringatan maulid Nabi Muhammad SAW sebelum pengajian akbar ini di mulai dengan kegiatan sunat masal. Yang di khitan dalam kegiatan sunat masal ini berjumlah 39 orang. 

Pembacaan sambutan oleh Ketua Panitia Bapak Adam. Dokumentasi by JAINI.

Setelah sambutan dari Ketua Panitia selesai di lanjutkan dengan sambutan dari Kementerian Agama Kabupaten Tulang Bawang Drs.Budi Cipto Utomo. Dalam sambutannya beliau menyampaikan pesan kepada para jama’ah pengajian untuk berhati-hati, karena akhir-akhir ini ada yang ingin merubah dasar negara republik Indonesia Pancasila dengan dasar yang bersifat keagamaan.

Apabila ada yang mempengaruhi untuk mengajak dan mengikuti ide mengubah dasar negara republik Indonesia, mohon untuk di tolak. Dasar negara Indonesia Pancasila  tidak mungkin bisa di ganti dasar negara yang lain. Karena Indonesia adalah negara majemuk dengan berbagai agama, suku dan adat istiadat.

Sambutan dari Kemenag Kabupaten Tulang Bawang Drs. Budo Cipto Utomo. Dokumentasi by JAINI.

Selesai sambutan dari Kepala Kementerian Agama Kabupaten Tulang Bawang. Di lanjutkan dengan acara inti yaitu tausiyah yang di sampaikan oleh DR.KH.Muhammad Luqman Hakim,MA. Para jama’ah pengajian khusuk mendengarkan ceramah beliau yang banyak menyambut akhlak Nabi Muhammad SAW yang harus di teladani oleh kaum muslimin dan muslimat jama’ah pengajian. Selesai tausiyah di lanjutkan dengan pembacaan do’a. Akhirnya rangkaian acara pengajian akbar selesai.

Para panitia bagian parkir poto bersama. Dokumentasi by JAINI.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Komentari