Kegiatan marhabanan dan cukur rambut

tunggalwarga.desa.id | Marhaban adalah kegiatan ibadah umat muslim apabila di karuniai seorang anak. Kegiatan ini di laksanakan setelah bayi berusia 5 hari, atau dalam bahasa jawa di sebut sepasaran. Ibadah ini merupakan tradisi umat muslim yang sudah ada sejak zaman Nabi Muhammad SAW. Marhaban bisa di artikan selamat datang. Berisi puji-pujian kepada atau sholawat kepada sang pembawa terang dari kegelapan.

Pelaksanaan marhaban ini di pimpin oleh seorang imam. Yang di baca dalam ibadah ini adalah kitab Al-Barjanzi yang berisi sholawat kepada Nabi Muhammad SAW. Para undangan yang hadir mendengarkan bacaan yang di baca oleh imam. Dan sesekali menjawab pada bacaan tertentu. 

Pada kegiatan ini juga di laksanakan cukur rambut yang merupakan bagian dari ibadah marhaban ini. Bagi orang tua yang sudah punya rizqi yang lebih, biasanya di lakukan dengan aqiqoh. Yaitu menyembelih kambing. Kalau anaknya laki-laki menyembelih dua ekor kambing. Kalau anaknya perempuan menyembelih satu ekor kambing.

Imam sedang memimpin marhaban. Dokumentasi by JAINI.

Ibadah marhaban ini di laksanakan sebagai ucapan rasa sukur dari orang tua yang telah di beri seorang anak. Mengundang tetangga untuk menyaksikan cukur rambut dan pemberian nama kepada bayi yang baru lahir. Yang merupakan salah satu kewajiban sebagai orang tua.

Para undangan dengan ikhlas memenuhi undangan dari tuan rumah. Menghadiri undangan seperti marhaban merupakan ibadah, sehingga akan mendapatkan pahala. Di samping itu, menghadiri undangan ini juga merupakan tolong menolong di dalam kebaikan. Karena sesama muslim harus saling tolong menolong, sesuai dengan ajaran yang ada di Al-Qur’an dan hadits nabi Muhammad SAW.

Para undangan yang hadir dalam kegiatan Marhabanan. Dokumentasi by JAINI.

Dengan di laksanakan marhaban ini di harapkan agar anak yang baru saja di lahirkan menjadi anak yang sholeh atau sholehah. Berbakti kepada kedua orang tua. Berguna bagi agama. Berguna bagi nusa dan bangsa. Juga di beri kesehatan jasmani dan rohaninya. Untuk sang ibu cepat di beri kesehatan seperti sedia kala. Aamiin.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Komentari