Ketua rt yang menjadi tukang ojek

tunggalwarga.desa.id (29/12/2017). Sudrajat adalah sebagai salah satu Ketua RT 07 RK 04 di Kampung Tunggal Warga. Beliau menjadi Ketua RT sudah cukup lama, kurang lebih sudah hampir 11 tahun menjadi Ketua RT. Sudah ganti dua kali Kepala Kampung, masih menjabat sebagai ketua RT. Ini mungkin disebabkan karena beliau selama menjadi Ketua RT bekerja cukup baik dan disiplin, juga melayani warga masyarakat di lingkungannya dengan baik pula. Sehingga warga masyarakat di lingkungannya mempercayakan lagi untuk menjadi ketua RT.

Honor atau insentif sebagai ketua RT tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Karena memang jumlahnya masih jauh dibawah standar upah minimum provinsi. Makanya beliau menjadi Tukang Ojek supaya bisa menambahi pendapatan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Sudrajat (sebelah kiri) sebagai ketua RT yang bekerja menjadi tukang ojek di pasar unit 2. (Dok. Tunggal Warga / Poto : JAINI).

Meskipun pendapatan dari hasil ngojek di bilang tidak tentu, tapi beliau bersyukur tiap hari mendapat pemasukan untuk kebutuhan makan sehari-hari. Kadang kalau rame bisa mendapat sampai 200 ribu, kalau lagi sepi pernah cuma dapat 15 ribu. “Ya namanya kerjaan ngojek ya kayak gini, pendapatannya gak pasti,” katanya.

Walaupun cuma menjadi tukang ojek, tidak bisa semaunya langsung jadi tukang ojek begitu saja. Menurut keterangan dari beliau harus mendaftar dulu di ketua ojek dengan membayar biaya pendaftaran. Kemudian akan mendapatkan kartu anggota ojek dan mendapat seragam Ojek yang harus di pakai waktu mengojek.

Sudrajat (tengah) bersama temen sesama tukang ojek sedang ngobrol sambil menunggu penumpang. (Dok. Desa / Poto : JAINI).

Tambah beliau, untuk sekarang ini tidak menerima pendaftaran baru untuk menjadi tukang ojek. Kalau ada yang berhenti baru bisa di ganti dengan anggota yang baru. Itu juga harus mengganti biaya administrasinya. Dengan dibatasinya jumlah anggota ojek, di harapkan pendapatan mereka bisa maksimal sehingga bisa mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari. Dengan demikian tukang ojek bisa menjadi lebih sejahtera.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Komentari