Budidaya ternak jangkrik di kampung tunggal warga

Jenis Jankrik Alam (Dok: Desa/Fhoto Jaini)

Tunggal Warga-Tulang Bawang, Sabtu 30/12/2017 : Jangkrik adalah salah satu jenis serangga, yang paling sering digunakan sebagai pakan burung dan reptil. Seiring meningkatnya minat memelihara hewan yang mengkonsumsi jangkrik, maka permintaan terhadap tersedianya jangkrik pun meningkat.Hal inilah yang membuka jalan dan mendorong munculnya budidaya jangkrik, yang saat ini telah berkembang pesat di berbagai penjuru daerah di indonesia.

Di Kampung Tunggal Warga, budidaya jangkrik ini sudah mulai dikembangkan. Bapak Amin Fadilah adalah salah satu warga, Tunggal Warga yang menjalankan usaha tersebut. Budidaya jangkrik ini tidak begitu sulit, sehingga Pak Amin Fadilah terdorong mencoba untuk mengembangkan usaha budidaya jangkrik tersebut. Modal Awal dalam usaha ini tidak begitu besar, hanya cukup dengan modal yang sangat kecil keuntungan yang diperoleh sangatlah besar.

Bapak Amin Peternak Budidaya Jangkrik di Kampung Tunggal Warga.(Dok: Desa/Fhoto Jaini)

Seperti yang dijelaskan oleh Bapak Amin Fadilah, bahwa modal yang ia gunakan hanyalah kotak teriplek bekas dan bibit jangkrik yang ia dapat dari lingkungan sekitar. Indukan jangkrik betina dan jantan yang didapat, kemudian ditempatkan menjadi satu kardus yang sudah dimodifikasi. Setelah beberapa hari, indukan betina akan menghasilkan telur yang kemudian akan menetas nantinya. Setelah menetas, anak jangkrik akan di pisahkan kedalam kardus lainya dan diberikan makan berupa pelet halus. tutur Bapak Amin.

Budidaya ternak jangkrik ini, tidak harus memiliki keahlian khusus dalam membudidayakannya. Hanya dengan rajin menjaga kelembaban kandang dan terbebas dari hewan pengganggu. makannya juga tidak terlalu sulit, setelah jangkrik tumbuh dewasa hanya dengan membrikan makanan berupa dedaunan saja. Karena jangkrik, merupakan salah satu serangga pemakan jenis dedaunan.

Jangkrik Dewasa hanya diberikan makan berupa Daun Singkong.(Dok: Desa/Fhoto Jaini)

Harapan dari peternak budidaya jangkrik di Kampung Tunggal Warga, yaitu pemerintah Kabupaten dapat memberikan penyuluhan tentang budidaya jangkrik. Karena usaha ini, adalah merupakan salah satu usaha kreatif yang dapat menunjang perkembangan ekonomi.

( Jaini / T.Warga )

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Komentari