Kegiatan posyandu untuk ibu hamil

tunggalwarga.desa.id (30/12/2017). Posyandu adalah wadah pemeliharaan kesehatan yang dilakukan dari, oleh dan untuk masyarakat yang dibimbing oleh petugas kesehatan. Setiap bulan kader Posyandu Kampung Tunggal Warga mengadakan tiga kegiatan Posyandu yaitu : Posyandu untuk balita, Posyandu untuk ibu hamil, dan Posbindu untuk usia dewasa. Dari ketiga kegiatan tersebut telah di susun jadwal kegiatan untuk masing-masing kegiatan, dengan di bagi tugas perbulan dengan nama-nama petugasnya. Jadi setiap kader mempunyai jadwal tugasnya masing-masing.

Seperti halnya dengan kegiatan posyandu ibu hamil kali ini. Kader yang bertugas sebanyak empat orang, mereka bekerja sesuai dengan tugas masing-masing. Di meja 1 bertugas di bagian pendaftaran, meja 2 bagian penimbangan, meja 3 bertugas mengisi kartu hamil, dan meja 4 bertugas memberikan penyuluhan.

 

Para ibu hamil yang sedang duduk mengantri untuk menunggu giliran di periksa oleh Petugas Kesehatan. ( Dok. desa.id / Poto by Musyarofah ).

Kegiatan posyandu ibu hamil di Kampung Tunggal Warga akhir bulan ini dibantu oleh tenaga kesehatan dari Puskesmas Tulang Bawang 1 yaitu Bidan Sevi dan Bidan Windi. Beliau melakukan pemeriksaan yang intensif kepada ibu hamil seperti pemeriksaan tensi, denyut jantung, dan yang tidak kalah penting adalah pemeriksaan kesehatan janin.

 

Selain dilakukan pemeriksaan, Bidan Windi juga memberikan penyuluhan yang berkaitan dengan kesehatan ibu dan janin yang di kandung. Diharapkan kepada ibu untuk rajin memeriksakan kehamilannya minimal satu bulan sekali di posyandu, atau di bidan desa. Sehingga kondisi kesehatan ibu dan bayinya bisa terpantau.

Bidan Windi selaku tenaga kesehatan yang membantu kegiatan posyandu ibu hamil sedang memberikan penyuluhan. ( Dok.desa.id / Poto by Musyarofah ).

Kepada para kader beliau juga mengharapkan kerjasamanya untuk ikut membantu memantau kondisi ibu hamil di wilayah masing-masing. Apabila ada kelainan atau sesuatu hal mengenai kesehatan ibu hamil dan bayinya bisa langsung di antar ke Puskesmas untuk bisa dilakukan pemeriksaan. Sehingga jangan sampai terjadi keterlambatan dalam penanganan yang bisa mengakibatkan kematian pada ibu hamil.

Dengan kegiatan posyandu ibu hamil ini, diharapkan bisa menekan angka kematian ibu hamil dan bayi khususnya di Kampung Tunggal Warga. Sehingga akan tumbuh bayi yang sehat sebagai generasi penerus Bangsa Indonesia.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Komentari