Pembentukan kader kesehatan jiwa

tunggalwarga.desa.id ( 31/12/2017 ). Kesehatan adalah investasi yang paling mahal bagi kehidupan manusia. Kesehatan jiwa menjadi masalah yang sangat serius dan memprihatinkan akhir-akhir ini. Karena permasalahan ekonomi dua tahun terakhir ini, menjadi penyebab meningkatnya gangguan kesehatan jiwa pada warga masyarakat. Manusia belum bisa dikatakan sehat kalau jiwanya belum sehat.

Dengan latar belakang inilah dibentuk kader kesehatan jiwa di kecamatan Banjar Agung, kemarin 30/12/2017 di aula Puskesmas Tulang Bawang I. Kader kesehatan jiwa ini beranggotakan masing-masing dua orang dari kampung se-Kecamatan Banjar Agung. Pembentukan kader kesehatan jiwa ini diprakarsai oleh Puskesmas Tulang Bawang I.

Para calon kader kesehatan jiwa yang hadir dalam pembentukan kader kesehatan jiwa. ( Dok. desa / Poto : ZAINAL ABIDIN )

“Kader kesehatan jiwa berperan serta dalam meningkatkan, memelihara dan mempertahankan kesehatan jiwa masyarakat. Tugas pokok kader kesehatan jiwa diantaranya melaksanakan program desa siaga sehat jiwa, melakukan deteksi keluarga sehat, keluarga yang beresiko mengalami masalah psikososial, dan keluarga dengan gangguan jiwa di masyarakat,” demikian penjelasan dari Dokter Tanti sebagai pemberi materi.

Dokter Tanti sedang memberikan materi. ( Dok.desa / Poto : Zainal Abidin ).

Dengan terbentuknya kader kesehatan jiwa ini, diharapkan dapat melaksanakan tugas yang diberikan dengan sebaik-baiknya. Sehingga dapat mencegah terjadinya gangguan kejiwaan bagi yang masih sehat, dan segera menindak lanjuti apabila ada warga yang ada gejala terkena gangguan jiwa untuk segera diberi penanganan, dengan berkoordinasi dengan tenaga kesehatan dari Puskesmas.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Komentari