Kegiatan pemerintahan kampung tunggal warga di awal tahun 2018

tunggal warga.desa.id ( 02/01/2018 ). Pemerintahan Kampung adalah lembaga pemerintah yang bertugas mengelola wilayah tingkat kampung. Pemerintah Kampung yang di pimpin oleh Kepala Kampung bertugas menyelenggarakan urusan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan. Dalam menyelenggarakan urusan pemerintahan, Kepala Kampung dibantu oleh seorang sekretaris Kampung dan empat orang Kaur/Kasi. Penyelenggaraan urusan pemerintahan Kampung antara lain memberikan pelayanan surat menyurat yang diperlukan oleh warga masyarakat.

Seperti halnya di Kampung Tunggal Warga, pelayanan surat menyurat kepada masyarakat dilaksanakan di Kantor Kampung Tunggal Warga. Pelayanan surat menyurat ini dilakukan setiap jam kerja antara pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 14.00 WIB.

Aparatur pemerintahan Kampung Tunggal Warga bekerja sesuai dengan tugas dan fungsi sesuai peraturan perundangan-undangan yang ada. Sekretraris Kampung merupakan koordinator di sekretariat Kampung, yang membawahi kaur umum perencanaan dan kaur keuangan. 

Sedangkan kasi pemerintahan, kasi kesejahteraan dan pelayanan umum langsung berkoordinasi dengan Kepala Kampung. Tugas dari kasi pelayanan umum inilah yang memberikan pelayanan kepada warga masyarakat yang membutuhkan pelayanan mengenai surat menyurat dan lain sebagainya.

Kaur Umum dan Perencanaan Kampung Tunggal Warga siap memberikan pelayanan kepada masyarakat. ( Dok.desa / Poto : Jaini ).

Di hari libur seperti di hari besar keagamaan dan hari libur nasional, pelayanan di Kantor Kampung Tunggal Warga ditutup. Tetapi tetap dilayani apabila sifatnya urgent atau emergency, seperti untuk persyaratan pengobatan.

Setelah hari libur  tahun baru 2018, hari ini selasa 02/01/2018, pelayanan di Kantor Kampung Tunggal Warga sudah buka kembali. Kepala Kampung beserta sekretaris Kampung dan kepala urusan mulai masuk kantor lagi untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Kepala Kampung Tunggal Warga Bahrin selaku Pimpinan penyelenggaraan pemerintahan Kampung, menginstruksikan kepada bawahannya untuk aktif berangkat ke kantor supaya pelayanan bisa maksimal.

Apabila warga masyarakat memerlukan pelayanan surat menyurat, harus cepat dilayani. Siapa yang ada di kantor dan datang lebih dahulu supaya segera memberikan pelayanan. “Saya tidak ingin warga masyarakat kecewa dengan pelayanan di Pemerintahan Kampung Tunggal Warga. Karena memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya kepada warga masyarakat merupakan salah satu dari visi misi saya,” ujar beliau.

Salah satu Staff Kantor Kampung Tunggal Warga Ella sedang membuat surat yang diperlukan oleh masyarakat. ( Dok.desa / Poto : Jaini ).

Dengan memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat, diharapkan penyelenggaraan pemerintahan di Kampung Tunggal Warga bisa berjalan dengan baik. Dan warga masyarakat menjadi puas dengan pelayanan yang diberikan.

( Red / Jaini )

Jadi yang Pertama Berkomentar

Komentari