Rapat pembahasan rab Kegiatan fisik

Pelaksanaan rapat pembahasan Desain dan Rab dalam penyusunan RKP 2018.

tunggalwarga.desa.id ( 11/01/2018 ). RKP adalah Rencana Kerja Pemerintah Kampung yang merupakan penjabaran dari RPJMKam untuk jangka waktu satu tahun. Sebelum dilakukan penyusunan RKP dilakukan musyarawah Kampung dalam rangka penyusunan perencanaan pembangunan Kampung. Dalam musyawarah ini diputuskan kegiatan yang akan dilaksanakan di tahun yang akan datang. Kegiatan yang diputuskan dalam musyawarah dituangkan dalam RKP, didalamnya lebih di rinci lagi mengenai Rencana Anggaran Biaya ( RAB ).

Untuk kegiatan pembangunan atau infrastruktur, selain dibuat RAB juga dilengkapi dengan desain gambar. Dalam pembuatan desain dan Rab, Kampung melibatkan tenaga ahli di bidang tehnik atau disebut juga dengan Astek ( Asisten Tehnik ).

Kasi PMD Kecamatan Banjar Agung sedang memberikan sambutan. ( Dok.tunggalwarga.desa.id / Photo : Jaini )

Dalam rangka pembuatan Desain dan Rab untuk dokumen RKP Kampung, Kampung se-Kecamatan Banjar Agung melaksanakan pertemuan dengan Pendamping Desa bagian Tehnik ( Nur Hadi ). Pertemuan ini dilaksanakan kemarin 10/01/2018 bertempat di Balai Kampung Tunggal Warga.

Hadir dalam acara tersebut Kasi PMD Kecamatan Banjar Agung ( Deddy Miske,SKM ), Kepala Kampung se-Kecamatan Banjar Agung, operator Kampung, dan para Pendamping Desa. Acara dimulai pukul 10.00 WIB yang dibuka oleh Kepala Kampung Tunggal Warga Bahrin Purwo Wigno.

Beliau menyampaikan bahwa untuk persyaratan pencairan dana desa tahun 2018, Kampung harus menyusun tiga buah dokumen. Yaitu RPJM, RKP, dan APBKAM. Bagi Kepala Kampung yang baru harus menyusun RPJM dulu, baru menyusun RKP dan APBKAM. Bagi Kampung yang jabatan kepala Kampungnya belum habis, tinggal menyusun RKP dan APBKAM.

Kepala Kampung dan Operator Kampung sedang mengikuti rapat. ( Dok.tunggalwarga.desa.id / Photo : Jaini )

Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Kasi PMD Kecamatan Banjar Agung Deddy Miske, SKM. Beliau menyuplik mengenai kegiatan BumKam yang ada di wilayah Kecamatan Banjar Agung. Beliau mohon agar BumKam di jalankan sebagai sebaik-baiknya. “Jangan sampai gara-gara menyelewengkan dana BumKam sampai mendapatkan masalah,” tutur beliau.

Setelah selesai sambutan dari Kasi PMD Kecamatan Banjar Agung, acara dilanjutkan dengan pendataan kegiatan infrastruktur masing-masing Kampung. Pendataan ini dilaksanakan oleh Pendamping Tehnik Nur Hadi yang di gunakan sebagai bahan pembuatan Desain dan RAB. Dengan bergiliran satu persatu Kepala Kampung atau operator Kampung memberikan data kegiatan yang akan di lakukan. Setelah pendataan kegiatan ini, selanjutnya akan di adakan survey ke lokasi-lokasi tempat kegiatan untuk pengambilan data yang lebih akurat.

Dari data inilah yang digunakan sebagai bahan untuk pembuatan desain dan Rab. Dengan dibuatkan Desain dan Rab ini, diharapkan RKP bisa cepat tersusun sebagai salah satu syarat pencairan anggaran tahun 2018. Sehingga kegiatan pembangunan bisa lebih cepat dilaksanakan.

(Red./Jaini)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Komentari