Kunjungan siswa-siswi “PKL” jurusan pekerja sosial

Para siswi dari SMK Negeri 3 Terbanggi Besar Lampung yang sedang mengunjungi rumah PMKS. ( Dok.tunggalwarga.desa.id/Photo : Jaini )

tunggalwarga.desa.id ( 13/01/2018 ). Hari ini sabtu tanggal 13/01/2018, IPSM Kampung Tunggal Warga mendapat kunjungan dari siswa-siswi SMK Negeri 3 Terbanggi Besar Kabupaten Lampung Tengah jurusan Pekerja Sosial. Sekolah ini adalah satu-satunya yang mempunyai jurusan Pekerja Sosial, jurusan yang dibilang langka. Pekerja Sosial Masyarakat merupakan tenaga sukarelawan dibidang sosial kemasyarakatan. Sekolah ini benar-benar perduli dengan kegiatan sosial di masyarakat, dan menyiapkan calon pekerja sosial yang siap terjun di masyarakat untuk membantu masalah sosial kemasyarakatan.

Kunjungan dari siswa-siswi SMK Negeri 3 Terbanggi Besar ini dalam rangka tugas dari sekolah untuk melaksanakan Praktek Kerja Lapangan atau PKL. Semua siswa-siswi kelas 2 di SMK tersebut di haruskan melaksanakan tugas PKL ini. Tugas ini merupakan salah satu persyaratan untuk mengikuti ujian nasional di Sekolah tersebut. ” Dalam PKL ini mereka harus bisa mendapatkan satu klien yang bisa diselesaikan masalahnya,” ungkap Illa salah satu siswi yang mengikuti PKL ini.

Siswi SMK Negeri 3 Terbanggi Besar yang sedang mengunjungi rumah salah satu PMKS di Kampung Tunggal Warga. ( Dok.tunggalwarga.desa.id/Photo : Jaini ).

Siswa-siswi ini melaksanakan PKL di Dinas Sosial Kabupaten Tulang Bawang. Mereka mendapatkan tugas untuk mengunjungi warga masyarakat Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial ( PMKS ) di Kampung yang sudah ditentukan. Salah satu Kampung yang mendapatkan kunjungan dalam kegiatan ini adalah Kampung Tunggal Warga. Dengan diantar oleh Ketua IPSM Kecamatan Banjar Agung Zainal Abidin, mereka mengunjungi warga penyandang PMKS di Kampung Tunggal Warga, yaitu nenek dari Musyarafah yang beralamat di RK 04.

Mereka mencari data mengenai keadaan yang di alami oleh penyandang masalah kesejahteraan sosial, dalam bahasa mereka disebut dengan klien. Dari data ini mereka memberikan bantuan menyelesaikan masalah yang dialami oleh Klien. Penyelesaian masalah ini berupa bantuan motivasi kepada klien. Dan penyelesaian selanjutnya diserahkan kepada Dinas Sosial.

Para siswi PKL sedang menulis keterangan dari PMKS yang di dampingi oleh anggota IPSM. ( Dok.tunggalwarga.desa.id/Photo : Jaini ).

Dengan kegiatan PKL yang dilaksanakan oleh siswa-siswi SMK Negeri 3 Terbanggi Besar ini, diharapkan bisa membantu menyelesaikan masalah yang dialami oleh warga masyarakat Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial khususnya di Kampung Tunggal Warga. Dan bisa memberikan data yang akurat kepada Dinas Sosial, agar bisa menindaklanjuti permasalahan yang dialami oleh warga  penyandang masalah sosial tersebut.

Dengan adanya lulusan siswa-siswi dari SMK Negeri 3 Terbanggi Besar yang merupakan calon tenaga pekerja sosial ini, diharapkan bisa membantu Dinas yang terkait dalam memberikan penanganan yang lebih maksimal mengenai masalah sosial di masyarakat.

( Red/Jaini )

Jadi yang Pertama Berkomentar

Komentari