Bimtek petugas “PPDP” di kampung tunggal warga

Ketua dan Anggota PPK Kecamatan Banjar Agung, Ketua Panwascam Kecamatan Banjar Agung, dan PPL Kampung Tunggal Warga dan Kampung Warga Makmur Jaya hadir dalam Bimtek PPDP. ( Dok.desa.id/Photo : Jaini )

tunggalwarga.desa.id ( 14/01/2018 ). Pada hari ini minggu tanggal 13/01/2018 dilaksanakan kegiatan Bimtek Petugas Pemutakhiran Data Pemilih ( PPDP ). PPDP adalah petugas yang di tunjuk oleh PPS atas nama Ketua KPU Kab/Kota untuk membantu PPS dalam melakukan pemutakhiran data pemilih. Untuk memaksimalkan kinerja petugas PPDP, maka dilaksanakan kegiatan bimtek ini.  Kegiatan ini dilaksanakan di gedung Balai Kampung Tunggal Warga, dihadiri oleh Kepala Kampung Tunggal Warga, Ketua PPK Kecamatan Banjar Agung dan anggota, Ketua Panwascam Kecamatan Banjar Agung ( Setya Budi Pramono,S.Sos ), petugas PPL Kampung Tunggal Warga dan Kampung Warga Makmur Jaya. Juga dihadiri oleh Ketua dan anggota PPS Kampung Tunggal Warga, Kampung Warga Makmur Jaya, dan Kampung Warga Indah Jaya.

Bimtek ini dimulai pukul 09.00 WIB, diikuti oleh petugas PPDP dari tiga Kampung yaitu Kampung Tunggal Warga, Kampung Warga Makmur Jaya, dan Kampung Warga Indah Jaya. Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, semua peserta yang hadir dalam acara ini diperintahkan untuk berdiri.

Para peserta Bimtek Pemutakhiran Data Pemilih sedang mengikuti pelatihan. ( Dok.tunggalwarga.desa.id/Photo : Jaini )

Selesai menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia raya, dilanjutkan dengan pembacaan do’a yang dibawakan oleh Kepala Kampung Tunggal Warga ( Bahrin Purwo Wigno ). Kemudian dilanjutkan dengan sambutan Ketua PPK Kecamatan Banjar Agung ( Mukmin ). Secara garis besarnya beliau menyampaikan kepada peserta Bimtek hari ini harus benar-benar dipahami. ” Kalau kurang paham mohon ditanyakan kepada nara sumber,” tutur beliau.

Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Ketua Panwascam Kecamatan Banjar Agung ( Setya Budi Pramono,S.Sos ). Beliau menyampaikan agar PPDP nanti dalam bekerja mengikuti aturan yang ditetapkan oleh PKPU. Oleh karena itu harus dipahami dan diperhatikan materi yang akan disampaikan oleh nara sumber nanti. ” PPDP merupakan ujung tombak dari pelaksanaan tahapan Pilkada ini. Kalau PPDP kerjanya maksimal sesuai aturan, pastinya pelaksanaan Pilkada nantinya akan berjalan dengan sukses dan lancar,”tuturnya.

Kepala Kampung Tunggal Warga Bahrin Purwo Wigno sedang membacakan do’a. ( Dok.tunggalwarga.desa.id/Photo : Jaini )

Setelah sambutan dari Ketua Panwascam Kecamatan Banjar Agung, dilanjutkan dengan acara inti yaitu pemaparan materi bimtek yang pertama, yang disampaikan oleh anggota PPK Kecamatan Banjar Agung Pytrah Haryono. Beliau menjelaskan secara detail mengenai kegiatan yang dilakukan oleh petugas PPDP, mulai dari kegiatan mencoklit, pengisian formulir A-KWK, A.A-KWK, A.A.1-KWK dan A.A.2 KWK. Selain itu juga menjelaskan mengenai tata cara pengisian laporan hasil laporan Coklit PPDP di Formulir A.A.3-KWK.

Anggota PPK Kecamatan Banjar Agung yang juga sebagai nara sumber dalam Bimtek PPDP sedang memberikan materi pelatihan. ( Dok.tunggalwarga.desa.id/Photo : Jaini )

Pemateri yang kedua yaitu Elda Fitriana, beliau sebagai operator di sekretariat PPK Kecamatan Banjar Agung. Beliau banyak menyampaikan mengenai teknis pengisian data di Microsoft Excel oleh PPS. Seperti pengisian nik harus 16 digit, pengisian format tanggal bulan dan tahun, juga pengisian RT/RW. ” Kalau pengisian data tidak sesuai aturan, maka data tersebut tidak bisa terbaca oleh system SIDALIH. Jadi harus benar-benar diperhatikan dan harus teliti, supaya kerjaan kita tidak sia-sia,” tutur beliau. Beliau menambahkan bahwa data yang dipakai sekarang harus bentuk shoftcopy, bukan hardcopy. Karena kalau memakai shoftcopy akan mempercepat pemrosesan data.

Selesai pemaparan oleh nara sumber kedua, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang dipandu oleh anggota PPK Kecamatan Banjar Agung Vivi Istiroh. Beberapa pertanyaan disampaikan oleh peserta bimtek, dan dijawab oleh nara dengan lugas dan mudah di pahami. Sesi tanya jawab ini merupakan penutup pada kegiatan bimtek hari ini, dan dilanjutkan dengan poto bersama.

Dengan pelaksanaan bimtek petugas PPDP hari ini, diharapkan para petualang PPDP bisa melaksanakan tugas sesuai dengan petunjuk dan aturan sesuai peraturan KPU. Sehingga diharapkan diperoleh hasil pemutakhiran data pemilih yang akurat di TPS masing-masing, dan terlaksananya Pemilihan Kepala Daerah Provinsi Lampung yang tertib, lancar dan aman.

( Red/JTW )

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Komentari