Jurnalis kampung dari tri darma wirajaya

Pak Badar sedang bersiap-siap mengambil gambar dalam acara di Kecamatan Banjar Agung. ( Dok.Tunggalwarga.desa.id/Photo : Jaini ).

tunggalwarga.desa.id ( 16/01/2018 ). Jurnalis dengan sebutan lain wartawan adalah seseorang yang melakukan kegiatan jurnalistik atau orang yang secara teratur menuliskan berita atau berupa laporan dan tulisannya dikirimkan atau dimuat di media massa secara teratur. Jurnalisme berfungsi memberikan informasi kepada masyarakat, sehingga masyarakat mengetahui permasalahan yang ada dilingkungannya. Dari informasi yang benar tersebut menjadi dasar dari masyarakat untuk mengambil tindakan yang akan dilakukan.

Dengan adanya undang-undang desa nomor 6 tahun 2014, desa harus memberikan informasi mengenai kegiatan yang ada di desa kepada masyarakat atau publik. Dimulai di tahun 2016, desa sudah mempunyai website desa yang terdaftar di Kementerian Komunikasi dan Informasi. Melalui aplikasi Sideka atau Sistem Informasi Desa dan Kawasan, desa bisa memberikan informasi mengenai kegiatan di desa atau kampung. Selain itu desa juga bisa memberikan informasi mengenai data kependudukan, keuangan, dan pemetaan wilayah.

Bersama-sama dengan operator Sideka sedang berbagi ilmu untuk menulis berita yang benar. ( Dok.tunggalwarga.desa.id/Photo : Jaini )

Setiap Kampung sekarang mempunyai situs atau website kampung untuk media informasi kepada masyarakat atau publik. Untuk mengoperasikan situs  atau website  kampung tersebut, setiap Kampung mengangkat seorang operator, yang di kenal dengan operator Sideka. Tugas operator ini sebagai pemberi informasi layaknya seorang jurnalis atau wartawan.

Khususnya di kecamatan Banjar Agung, ada seorang operator sideka yang sangat tinggi semangatnya dalam menulis berita di situs Kampung bernama Badar. Beliau adalah Operator Sideka dari  Kampung Tridarma Wirajaya. Beliau lahir di Kauman Jawa Tengah 06/07/1967. Sebelum menjadi  Sekretaris Kampung, beliau dulu sebagai seorang guru honorer SMP dari tahun 1991 – 1998. Mulai tahun 1998 beliau diangkat sebagai sekretaris Kampung sampai sekarang ini. Selain sebagai Sekretaris Kampung, beliau juga sebagai operator Sideka yang sangat rajin.

Pak Badar sedang serius dalam menulis berita. ( Dok.tunggalwarga.desa.id/Photo : Jaini )

Dengan bimbingan yang diberikan oleh RelawanTik Dana Putra Yuda, beliau sangat tekun untuk menimba ilmu jurnalistik dan potografy. Walaupun dibilang senior, karena kegigihannya dalam belajar, beliau berhasil membuat berita yang mendapat nilai bagus. Dan mendapatkan peringkat satu nasional yang pertama di Kecamatan Banjar Agung Kabupaten Tulang Bawang untuk kategori berita di domain desa. Beliau telah berhasil menjadi seorang Jurnalis Kampung yang terbaik se-Indonesia.

Beliau mengharapkan agar Operator Sideka di Kecamatan Banjar Agung terus belajar agar menjadi yang terbaik di tingkat nasional. Supaya membawa nama baik Kampung masing-masing, Kecamatan Banjar Agung, dan Kabupaten Tulang Bawang yang kita cintai ini.

( Red/JTW )

Jadi yang Pertama Berkomentar

Komentari