Belajar sideka lanjutan bersama dana putra yuda

Relawan Tik Dana Putra Yuda sedang memberikan bimbingan kepada Operator Sideka. ( Dok.tunggalwarga.desa.id/Photo : Jaini )

tunggalwarga.desa.id ( 21/01/2018 ). Dengan adanya Undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang Desa, memberikan ruang kepada Desa untuk menjawab persoalan utama yang ada di desa melalui program Sistem Informasi Desa dan Kawasan ( Sideka ). Sebagaimana pada bagian ketiga tentang Sistem Informasi Pembangunan Desa dan Pembangunan Kawasan Perdesaan. Sideka merupakan aplikasi sistem informasi desa dan kependudukan berbasis Web. Dalam aplikasi ini memiliki beberapa menu seperti berita, kependudukan, keuangan, dan pemetaan.

Desa melalui website desa menyediakan informasi kepada masyarakat atau publik mengenai segala macam kegiatan yang ada di desa, baik kegiatan pembangunan, pemerintahan, potensi desa, dan kegiatan yang ada di masyarakat. Melalui situs desa, publik bisa lebih cepat dalam mendapatkan informasi.

Operator Sideka sedang melaksanakan pelatihan sinkronisasi data kependudukan yang dibimbing oleh Relawan Tik Dana Putra Yuda. ( Dok.tunggalwarga.desa.id/Photo : Jaini )

Selain menyediakan informasi dalam bentuk berita, dalam aplikasi sideka juga menyediakan informasi mengenai data kependudukan dan keuangan. Data kependudukan di input secara manual satu persatu dalam fitur kependudukan di aplikasi sideka. Setelah data kependudukan di input, data penduduk tersebut disinkronisasi kedalam aplikasi Prodeskel yang langsung terinput di Kementerian Dalam Negeri.

Dalam pelaksanaan sinkronisasi data kependudukan di aplikasi Prodeskel, terdapat kendala yaitu ada beberapa data penduduk yang tidak dapat tersinkronisasi. Karena adanya kendala tersebut, para operator sideka mengadakan pelatihan lanjutan yang dibimbing oleh RelawanTik Dana Putra Yuda.

Operator Sideka Kampung Tunggal Warga sedang melakukan sinkronisasi data kependudukan ke dalam aplikasi Prodeskel. ( Dok.tunggalwarga.desa.id/Photo : Jaini ).

Pelatihan lanjutan kali ini 18/01/2018 dilaksanakan di Kantor Kampung Tunggal Warga, diikuti oleh 3 ( Tiga) orang operator sideka antara lain dari Kampung Tunggal Warga, Kampung Banjar Agung,dan Kampung Banjar Dewa.Berbagai kendala dalam melaksanakan input data kependudukan dan menyinkronkan kedalam aplikasi Prodeskel langsung mereka tanyakan kepada RelawanTik Mas Dana Putra Yuda.Selain pelatihan mengenai penyingkronan data kependudukan, juga belajar mengenai pembuatan Video editing.

Dengan pelatihan kali ini, Alhamdulillah kendala masalah sinkronisasi data penduduk ke aplikasi Prodeskel sudah bisa teratasi. Mudah-mudahan dengan tersinkronya data penduduk ke aplikasi Prodeskel ini, data kependudukan yang telah di input bisa langsung masuk server Kementerian Dalam Negeri. Apabila semua data kependudukan sudah terinput dan tersinkron di aplikasi Prodeskel, maka akan mempermudah dalam mendapatkan informasi mengenai data kependudukan.
( Red/JTW )

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Komentari