Penginputan data penyaluran dana desa di aplikasi om-span

Para Operator Kampung sedang menginput data di aplikasi OM-SPAN yang dipandu oleh Pegawai di DPMK/K Kabupaten Tulang Bawang. ( Dok.tunggalwarga.desa.id/Photo : Jaini ).

tunggalwarga.desa.id ( 22/01/2018 ) OM-SPAN atau Aplikasi Online Monitoring Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara adalah Aplikasi yang digunakan dalam rangka memantau transaksi dalam sistem Perbendaharaan  dan Anggaran Negara ( SPAN ) dan menyajikan informasi sesuai kebutuhan yang di akses melalui jaringan berbasis Web. OM-SPAN dibuat dalam rangka memberikan pelayanan informasi yang cepat, akurat, terinci, dan terintegrasi mengenai implementasi SPAN.

Dalam rangka memberikan informasi yang cepat, akurat, dan terinci, mengenai penggunaan Dana Desa Tahun 2017, dilakukan penginputan penyerapan Dana Desa Tahun 2017.Kegiatan penginputan ini dilaksanakan di Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung atau Kelurahan ( DPMK/K ) Kabupaten Tulang Bawang.Kegiatan ini diikuti oleh Operator Kampung se-Kabupaten Tulang Bawang yang dipandu oleh Staff DPMK/K Kbupaten Tulang Bawang.

Para Operator Kampung yang baru saja tiba di Kantor DPMK/K untuk mengikuti penginputan OM-SPAN. ( Dok.tunggalwarga.desa.id/Photo : Jaini )

Yang diperlukan dalam penginputan data penyaluran Dana Desa tahun 2017 adalah data realisasi penggunaan Dana Desa Tahap 1 dan data realisasi penggunaan Dana Desa Tahap 2 Tahun 2017. Selain itu juga harus dipersiapkan jumlah anggaran per kegiatan dalam satu Tahun Anggaran. Setelah semua data yang dipergunakan telah dipersiapkan, kemudian dilakukan pembuatan Tabel Realisasi Penggunaan Dana Desa Tahun 2017 yang berisi Jumlah anggaran, realisasi tahap 1, realisasi tahap 2, dan saldo.

Setelah pembuatan Tabel Realisasi Penggunaan Dana Desa selesai dibuat, kemudian mulai login dalam Aplikasi OM-SPAN melalui browser Web seperti Internet Explorer, Mozila Firefox, Google Chrome, dan browser lainnya. Untuk login dalam Aplikasi ini harus memasukkan nama pengguna dan kode Password yang telah diberikan oleh Staff Dinas DPMK/K Kabupaten Tulang Bawang.

Setelah memasukkan nama pengguna dan password dengan benar, maka akan muncul tampilan aplikasi ini. Barulah masuk dalam piihan input penyerapan Dana Desa Tahun 2017. Disinilah akan muncul kegiatan yang telah terinput yaitu realisasi penggunaan Dana Desa tahap 1 tahun 2017.

Operator Kampung Tunggal Warga dan Operator dan Operator Kampung Moris Jaya Kecamatan Banjar Agung sedang menginput data di aplikasi OM-SPAN. ( Dok.tunggalwarga.desa.id )

Operator sudah bisa mulai menginput data per kegiatan dengan meng klik pilihan ubah, kemudian mulai mengisi data yang belum terisi yaitu realisasi tahap 2 dan jumlah anggaran yang merupakan jumlah dari realisasi tahap 1 dan tahap 2. Kemudian mengisi persentase penggunaan dana desa, tanggal penginputan, volume, serta cara pelaksanaan kegiatan dalam penyaluran Dana Desa. Penginputan ini dilakukan per kegiatan dan langsung dikirim ke server aplikasi OM-SPAN. Data ini akan secara otomatis tersimpan di aplikasi tersebut.

Setelah selesai melakukan penginputan, maka data realisai pnyaluran Dana Desa tahun 2017 setiap Kampung akan masuk ke server OM-SPAN Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Dari data ini Pemerintah Pusat bisa melihat data penyerapan Dana Desa setiap Kampung, berapa persen yang terserap, dan berapa persen yang tidak terserap. Data ini dijadikan dasar dan persyaratan untuk penyaluran Dana Desa Tahap 1 Tahun 2018.

Dengan terinputnya data penyerapan Dana Desa tahun 2017 semua Kampung se-Kabupaten Tulang Bawang di aplikasi OM-SPAN ini, diharapkan bisa mempercepat penyaluran Dana Desa tahap 1 tahun 2018 di Kabupaten Tulang Bawang, sehingga kegiatan pembangunan di kampung-kampung sudah bisa dimulai lebih cepat.

( Red/JTW )

Jadi yang Pertama Berkomentar

Komentari