Penyaluran bantuan sosial rastra tahun 2018

Pembagian bantuan sisial beras rastra bulan Januari tahun 2018 di Balai Kampung Tunggal Warga. ( Dok.tunggalwarga.desa.id/Photo : Jaini ).

tunggalwarga.desa.id ( 23/01/2018 ). RASTRA adalah singkatan dari Beras Sejahtera, yang sebelumnya disebut sebagai RASKIN singkatan dari Beras Miskin yaitu beras bantuan bagi masyarakat miskin.Penggantian nama Raskin menjadi Rastra adalah pemikiran dari Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa pada tahun 2015. Menurut Khofifah, penggantian nama ini untuk mengubah pemikiran yang sebelumnya beras ini untuk membantu masyarakat miskin, agar kini beras yang disubsidi pemerintah iniuntuk mengubah kehidupan masyarakat menjadi lebih sejahtera.

Penyaluran beras Rastra di tahun 2018 ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Di tahun sebelumnya, penyaluran beras Rastra setiap penerima manfaat beras rastra mendapatkan 15 Kg setiap bulan dengan menebus Rp. 1.600 per kilogramnya. Untuk penyaluran beras Rastra tahun 2018, pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia ( Puan Maharani ) mengeluarkan Pedoman Umum Bantuan Sosial Beras Sejahtera Tahun 2018.

Kepala Kampung Tunggal Warga sedang menberikan pengarahan mengenai tata cara pembagian beras Rastra tahun 2018. ( Dok.tunggalwarga.desa.id/Photo : Jaini )

Tujuan dikeluarkan Pedoman Umum Bansos Rastra tahun 2018 ini adalah mengurangi beban pengeluaran KPM melalui bantuan sosial berupa beras berkulitas medium kepada KPM dengan jumlah/kuantum 10 kg setiap bulannya tanpa dikenakan harga/biaya tebus. Dan manfaat dari dikeluarkan Pedoman Umum ini diantaranya adalah untuk peningkatan ketahanan pangan di tingkat KPM atau penerima manfaat, sekaligus sebagai mekanisme perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan.

Hari ini selasa (23/01/2018), dilaksanakan pembagian beras Rastra di Kampung Tunggal Warga. Pembagian beras Rastra hari ini mengacu pada Pedoman Umum pembagian Rastra tahun 2018. Pembagian beras Rastra hari ini dipandu oleh Ketua TKSK Kecamatan Banjar Agung dan anggota IPSM Kampung Tunggal Warga. Sebelum dilaksanakan pembagian beras Rastra, KPM atau penerima manfaat berkumpul di Balai Kampung Tunggal Warga untuk diberikan informasi mengenai perubahan cara atau sistem pembagian beras rastra di tahun 2018 ini. Kepala Kampung Tunggal Warga Bapak Bahrin memberikan informasi pengarahan tentang tata cara pembagian Rastra kepada KPM hari ini.

Penyerahan Bantuan Sosial beras Rastra secara simbolis oleh Ketua IPSM Kecamatan Banjar Agung Zainal Abidin. ( Dok.tunggalwarga.desa.id/Photo : Jaini ).

Kemudian dilakukan pembagian bantuan sosial beras Rastra yang dipantau oleh Ketua TKSK Kecamatan Banjar Agung Ibu Rismayanti. Pembagian diawali dengan cara simbolis yang diserahkan oleh Ketua TKSK dan Ketua IPSM Kecamatan Banjar Agung kepada tiga orang perwakilan KPM. Selanjutnya dilaksanakan pembagian beras rastra dilaksanakan oleh anggota IPSM Kampung Tunggal Warga dengan memanggil satu per satu penerima manfaat yang terdaftar dalam Daftar Penerima Manfaat dengan menunjukkan potocopy kartu keluarga.

Dengan diberikannya bantuan sosial beras rastra sesuai Pedoman Umum pembagian Rastra hari ini, diharapkan bisa mengurangi beban pengeluaran para penerima manfaat karena pembagian beras rastra kali ini tidak mengeluarkan biaya untuk menebus atau gratis. Sehingga para penerima manfaat benar-benar terbantu dengan bantuan sosial rastra ini, dan mudah-mudahan menjadi lebih sejahtera sesuai dengan tujuan dari Rastra ini.

( Red/JTW )

Jadi yang Pertama Berkomentar

Komentari