Kegiatan posyandu balita di kampung tunggal warga

Petugas kesehatan dari Puskesmas Tulang Bawang 1 sedang memberikan suntikan imunisasi kepada balita. ( Dok.tunggalwarga.desa.id/Photo : Jaini ).

tunggalwarga.desa.id ( 23/01/2018 ). Pada hari ini, selasa 23/01/2018 diadakan kegiatan Posyandu khusus balita. Kegiatan ini dilaksanakan di gedung Posyandu Bougenville Kampung Tunggal Warga. Posyandu adalah kegiatan dasar yang diselenggarakan dari, oleh dan untuk masyarakat yang dibantu oleh petugas kesehatan. Adapun tujuan dari kegiatan posyandu ini antara lain untuk menurunkan angka kematian bayi (AKB), kematian ibu (ibu hamil), melahirkan dan nifas.

Kegiatan Posyandu hari ini ini dilaksanakan oleh para kader posyandu Kampung Tunggal Warga, dan dibantu oleh petugas kesehatan dari Puskesmas Tulang Bawang 1. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap bulan, yang dilaksanakan setiap akhir bulan. Kader Posyandu menginformasikan pelaksanaan kegiatan posyandu ini kepada masyarakat melalui siaran di masjid atau mushola. Karena sudah terbiasa dengan informasi melalui siaran di masjid atau mushola, masyarakat langsung hadir untuk melaksanakan pemeriksaan di posyandu ini.

Para kader posyandu yang bertugas sesuai dengan tugas masing-masing. ( Dok.tunggalwarga.desa.id/Photo : Jaini ).

Para kader posyandu menempati di meja tugas sesuai dengan tugas masing-masing. Ada yang bertugas di meja pendaftaran, di meja pencatatan kartu KMS, dan di meja penimbangan. Dan kader yang lain membantu petugas kesehatan untuk memanggil nama bayi yang akan diperiksa, dan memisahkan kartu KMS sesuai dengan umur dan jatah imunisasi. Para ibu-ibu yang akan memeriksakan bayinya menempati tempat duduk yang disediakan untuk menunggu antrian.

Petugas kesehatan dari Puskesmas Tulang Bawang 1 yang bertugas membantu kegiatan posyandu kali ini adalah Deri Merianzah. Setiap bulan petugas kesehatan dari Puskesmas Tulang Bawang 1 membatu kegiatan posyandu ini, dengan petugas secara bergantian. Satu per satu balita di panggil oleh kader posyandu untuk mendapatkan suntikan imunisasi dari petugas kesehatan.

Para ibu-ibu yang akan memeriksakan bayinya sedang mengantri menunggu panggilan. ( Dok.tunggalwarga.desa.id/Photo : Jaini ).

Dengan kegiatan rutin posyandu balita ini, diharapkan kesehatan balita bisa terpantau, dan mendapatkan imunisasi yang sangat berguna sebagai kekebalan bagi bayi terhadap berbagai penyakit. Sehingga diharapkan akan bisa menurunkan angka kematian bayi khususnya di Kampung Tunggal Warga. Dengan bayi yang sehat, mudah-mudahan akan tumbuh generasi penerus yang sehat.

( Red/JTW )

Jadi yang Pertama Berkomentar

Komentari