Rapat koordinasi ppk dan pps kecamatan banjar agung

Pelaksanaan Rapat Koordinasi antara PPK dan PPS Kecamatan Banjar Agung. (Dok.tunggalwarga.desa.id/Photo : Jaini)

tunggalwarga.desa.id ( 27/01/2018 ). Pada hari kamis (25/01/2018) kemarin, dilaksanakan rapat koordinasi antara PPK Kecamatan Banjar Agung dengan anggoa PPS se-Kecamatan Banjar Agung. Rapat ini dilaksanakan di gedung aula Kecamatan Banjar Agung, dimulai pukul 09.00 WIB. Acara ini dihadiri oleh Ketua PPK dan anggota PPK Kecamatan Banjar Agung, Ketua PPS dan anggota PPS se-Kecamatan Banjar Agung. Rapat koordinsi ini dilaksanakan dalam rangka evaluasi mengenai kinerja PPS dan petugas PPDP.

Acara ini dimulai dengan sambutan pembukaan oleh anggota PPK (Pytrah Haryono). Beliau menyampaikan bahwa nanti akan dilakukan sering mengenai permasalahan coklit yang dilaksanakan oleh PPDP, dari permasalahan yang ada bisa dipelajari bersama untuk dicari jalan keluarnya. “Kemudian nanti saya akan memetakan hasil persentase dari coklit selama lima hari kemarin, karena coklit ini adalah titik yang krusial untuk keberhasilan DPS , yang nantinya akan menjadi DPT,”sambut beliau.

Para Anggota PPS dan Operator sedang mengikuti Rapat Koordinasi PPK dan PPS Kecamatan Banjar Agung. ( Dok.tunggalwarga.desa.id/Photo : Jaini )

Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Ketua PPK Kecamatan Banjar ( AL- MUKMIN ).Beliau menyampaikan terima kasih kepada rekan-rekan PPS dan PPDP yang masih tetap semangat dalam bekerja dalam mensukseskan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Lampung tahun 2018. “Walaupun ada kendala yang tidak terlalu krusial dilapangan, tapi bisa di atasi oleh anggota PPS bersama dengan anggota PPK,”tutur beliau. Harapan beliau terutama untuk para operator PPS untuk menyamakan persepsi dalam penginputan data, supaya tidak ada kendala dalam penginputan data.

Selanjutnya acara dilanjutkan lagi oleh anggota PPK Kecamatan Banjar Agung (Pytrah Haryono). Beliau meminta data hasil porsentase hasil pencoklitan lima hari kemarin. Beliau memberikan arahan untuk melakukan perhitungan dengan menggunakan laptop, bukan secara manual. Hal ini untuk meminimalisir kesalahan dalam perhitungan. Oleh karena itu diharapkan agar operator PPS untuk berkoordinasi dengan PPK dalam pelaksanaan penghitungan data.

Anggota PPK Kecamatan Banjar Agung (Pytrah Haryono) sedang membuka acara rapat. (Dok.tunggalwarga.desa.id/Photo : Jaini )

“Untuk PPS yang jumlah TPSnya dibawah 5 (Lima), agar tanggal 5 bulan Februari data sudah selesai diinput dan dikumpulkan di PPK. Dan PPS yang jumlah TPSnya diatas lima, agar PPDP sudah selesai mencoklit tanggal 10, dan tanggal 16 sudah selesai diinput oleh PPS. Saya tidak ingin kampung yang jumlah TPSnya sedikit justru menghambat yang jumlah TPSnya banyak,”tambahnya.

Kemudian Pytrah memberikan pengarahan mengenai pengisian AB-KWK dan AC-KWK. AB-KWK adalah berisi data dari AA-KWK yang terdapat kode 1-10 dan berkode U. Form AA-KWK yang masuk di AB-KWK diberi ketrangan “B”. Untuk pengisian AC-KWK, diambil dari data di AA-KWK yang berkode 11-12. Dari data ini nantinya akan digunakan sabagai dasar DPS, kemudian menjadi data DPT.

Ketua PPK Kecamatan Banjar Agung (Al-Mukmin) sedang memberikan sambutan. (Dok.tunggalwarga.desa.id/Photo : Jaini )

Dengan rapat koordinasi diharapkan anggota PPS terutama Operatornya memahami cara penginputan data yang benar. Dengan penginputan data yang benar sehingga akan diperoleh hasil akhir berupa DPT yang valid, sehingga DPT yang selama ini acak-acakan akan menjadi DPT yang datanya lebih akurat. Dengan DPT yang valid, mudah-mudahan akan diperoleh hasil Pemilu yang berkualitas.

(Red/JTW)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Komentari