Rapat musrenbang kecamatan banjar agung tahun 2018

Acara Kegiatan Pelaksanaan Musrenbang Kecamatan Banjar Agung Tahun 2018. (Dok.desa/Photo : Jaini).

tunggalwarga.desa.id (19/02/2018). Pada hari ini senin 19/02/2018 dilaksanakan kegiatan rapat Musrenbang tingkat Kecamatan Banjar Agung. Rapat ini dilaksanakan di aula Kecamatan Banjar Agung yang dipimpin oleh Camat Banjar Agung Bapak Sudirman,SH dan diikuti oleh sebelas Kepala Kampung se-Kecamatan Banjar Agung yang mengikutsertakan aparatur Kampung, BPK, PKK, dan Tokoh Masyarakat. Hadir dalam acara tersebut Anggota DPRD Kabupaten Tulang Bawang Dapil II diantaranya Bapak Semedi dari Fraksi PDIP, Bapak Rohadi dari Fraksi PDIP, dan Bapak Ahmadi dari Fraksi Partai Nasdem.

Dalam acara Musrenbang Kecamatan Banjar Agung hari ini juga dihadiri oleh Kapolsek Banjar Agung, Subramil Banjar Agung, beberapa SKPD Kabupaten Tulang Bawang antara lain dari Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Kesehatan, Dinas Pertanian, dan Bappeda Kabupaten Tulang Bawang. Hadir juga para Pendamping Desa dan Pendamping Desa se-Kecamatan Banjar Agung.

Camat Banjar Agung Bapak Sudirman,SH menyampaikan sambutan sebagai pimpinan Musrenbang Kecamatan. (Dok.desa/Photo : Jaini).

Acara diawali dengan sambutan dari Camat Banjar Agung Bapak Sudirman,SH. Beliau menyampaikan bahwa sebelum dilaksanakan Musrenbang tingkat Kecamatan diawali dengan Musrenbang tingkat Kampung yang menjaring aspirasi dari masyarakat mengenai usulan yang akan disampaikan di Musrenbang tingkat Kecamatan. Untuk pelaksanaan Musrenbang kali ini Bapak Camat menyampaikan akan dilaksanakan secara panel.

Setelah pembacaan do’a yang dibawakan oleh Ustadz Wondo yang juga anggota BPK Kampung Warga Makmur Jaya, acara dilanjutkan dengan sambutan oleh Arya selaku Kepala Bidang Infra Struktur dan Wilayah BappedaLitbang yang mewakili Kepala Bappedalitbang Kabupaten Tulang Bawang. Beliau membacakan sambutan Kepala Bappedalitbang yang tidak bisa hadir dalam acara kali ini. Dalam sambutan tertulisnya, Kepala Bappedalitbang menyampaikan bahwa tujuan diadakan Musrenbang Kecamatan ini yang pertama adalah mendapatkan informasi tentang pemanfaatan dana desa tahun 2019.

Sambutan dari Bapak Arya mewakili Kepala Bappedalitbang Kab. Tulang Bawang. (Dok.desa/Photo : Jaini)

“Yang kedua mendapatkan masukan dan usulan rencana kerja Pemerintah Daerah yang memuat prioritas pembangunan daerah khususnya ditingkat Kecamatan. Yang ketiga sarana untuk melibatkan masyarakat dalam perencanaan pembangunan khususnya ditingkat kecamatan untuk meningkatkan efektivitas partisipasi masyarakat. Dan yang keempat sebagai forum untuk mengidentifikasi dan menentukan prioritas pembangunan masyarakat,”sambutan tertulis ketua Bappedalitbang.

“Adapun hasil akhir dari musrenbang Kecamatan kali ini yang pertama adalah daftar rencana kegiatan prioritas yaitu yang diusulkan dari Kampung kemudian disetujui pada saat reses, sehingga menjadi bahan penyusunan Renja RKP Desa. Yang kedua data tersebut disepakati bersama, dan yang ketiga berita acara kesepakatan, yang ditandatangani oleh pimpinan musrenbang dan segenap peserta yang hadir, dan disampaikan kepada Bupati Tulang Bawang melalui Bappedalitbang,”tambah sambutan tertulis dari Ketua Bappedalitbang.

Bapak Rohadi Anggota DPRD Kab. Tulang Bawang sedang menyampaikan sambutan. (Dok.desa/Photo : Jaini)

Selesai sambutan tertulis dari Kepala Bappedalitbang dilanjutkan dengan sambutan dari Bapak Rohadi Anggota DPRD Kabupaten Tulang Bawang. Beliau menyampaikan bahwa musrenbang ini hampir sama dengan reses anggota dewan, yaitu menyerap aspirasi masyarakat untuk menjadi kebijakan politik dalam menyusun APBD Kabupaten Tulang Bawang. Adapun perbedaanya kalau musrenbang Kecamatan yang hadir lebih lengkap yaitu dihadiri oleh beberapa SKPD, dan unsur Muspika Kecamatan.

Beliau menyampaikan bahwa usulan kegiatan yang diusulkan oleh kampung sebagian besar adalah infra struktur. Padahal Kampung bisa mengusulkan kegiatan lain selain Infra struktur, seperi bidang pendidikan, kesehatan, pertanian dan sebagainya. Beliau mengaharapkan kepada SKPD yang hadir dalam musrenbang kecamatan kali ini agar bisa merealisasikan usulan prioritas dari hasil musrenbang kecamatan kali ini.

Perwakilan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Tulang Bawang sedang memberikan sambutan. (Dok.desa/Photo : Jaini).

Selanjutnya dibacakan daftar usulan dari sebelas Kampung se-Kecamatan Banjar Agung yang dibacakan oleh Joko Tetuko Kasi Pelayanan Umum Kecamatan Banjar Agung. Dari usulan-usulan sebelas kampung ini kemudian di musyawarahkan untuk dipilih kegiatan yang prioritas, yang akan disusun menjadi daftar usulan prioritas yang akan disampaikan Kepada Bupati Tulang Bawang melalui Bappedalitbang untuk di anggarkan di APBD 2019.

Dengan dilaksanakan musrenbang di kecamatan Banjar Agung kali ini diharapkan bisa menampung aspirasi masyarakat dari sebelas kampung se-Kecamatan Banjar Agung, yang akan mengajukan usulan prioritas untuk kegiatan pembangunan di tahun 2019. Diharapkan usulan yang sudah dituangkan dalam berita acara hasil keputusan musrenbang kecamatan, bisa direalisasikan di tahun anggaran 2019, sehingga kegiatan pada hari ini tidak hanya selogan dan seremoni saja.

(Red/JTW)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Komentari