Rapat pembahasan kegiatan padat karya tunai

Pelaksanaan rapat pembahasan padat karya tunai di aula Kecamatan Banjar Agung. (Dok.desa/Photo : Jaini).

tunggalwarga.desa.id (20/02/2018). Pada hari senin kemarin 19/02/2018 dilaksanakan rapat terbatas mengenai pembahasan kegiatan padat karya tunai pada tahun anggaran 2018. Rapat ini dihadiri oleh Camat Banjar Agung Bapak Sudirman,SH, Kepala Kampung se-Kecamatan Banjar Agung, Operator Kampung se-Kecamatan Banjar Agung, dan Pendamping Desa se-Kecamatan Banjar Agung. Rapat ini merupakan tindak lanjut dari acara sosialisai mengenai SKB-4 Menteri yang dilaksanakan di Kantor Bappedalitbang, rabu 14/02/2018.

Dalam acara sosialisasi mengenai SKB-4 Menteri yang dilaksanakan di Kantor Bappedalitbang, Kepala Kampung se-Kecamatan Banjar Agung diwakili oleh Bapak Tatang Hermansyah yang merupakan Kepala Kampung Tri Darma Wirajaya. Oleh karena itu, pada acara rapat terbatas tersebut bertujuan untuk menyampaikan hasil sosisilasi mengenai SKB-4 Menteri yaitu Kegiatan Padat Karya Tunai. Penyampaian hasil sosialisasi langsung dipaparkan oleh Bapak Tatang Hermansyah.

Bapak Tatang Hermansyah Kepala Kampung Tri Darma Wirajaya sedang menyampaikan hasil rapat mengenai Kegiatan Padat Karya Tunai. (Dok.desa/Photo : Jaini).

Dalam penyampaiannya Bapak Tatang Hermansyah menjelaskan mengenai kegiatan padat karya tunai dalam pelaksanaan kegiatan di tahun anggaran 2018. “Yang dimaksud dengan padat karya tunai sesuai SKB-4 Menteri adalah, bahwa kegiatan bidang dua atau bidang pembangunan yang bersumber dari dana desa, minimal 30 % dari total anggaran di bidang dua harus dialokasikan ke HOK (Hari Orang Kerja),”tutur beliau.

Khususnya di Kabupaten Tulang Bawang, ada kegiatan di Bidang dua atau Bidang Pembangunan yang anggarannya cukup besar tetapi tidak ada HOK atau nol HOK. Kegiatan tersebut adalah Kegiatan pengadaan Mobil untuk Ambulan Kampung yang bersumber dari Dana Desa. Ini menjadi kendala dalam penyusunan APBkam yang harus memenuhi persyaratan padat karya tunai minimal 30 % di bidang dua atau bidang pembangunan.

Kepala Kampung Tunggal Warga Bapak Bahrin dan para Pendamping Desa hadir dalam acara rapat pembahasan Padat Karya Tunai. (Dok.desa/Photo : Jaini).

Bapak Camat Banjar Agung Sudirman,SH menyampaikan Kepada Kepala Kampung se-Kecamatan Banjar Agung bersama Operator Kampung agar secepatnya segera berkonsultasi dengan Dinas DPMK/K didampingi oleh Pendamping Desa. Kalau tidak cepat di konsultasikan, penyusunan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Kampung Tahun Anggaran 2018 tidak akan selesai. Dengan demikian Dana Desa tidak akan bisa segera dicairkan.

Diharapkan dengan segera dikonsultasikan dengan Dinas DPMK/K, Kepala Kampung bersama Operator Kampung segera mendapatkan solusi mengenai penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Kampung tahun Anggaran 2018 yang harus memenuhi syarat minimal 30 % HOK di bidang dua atau Pembangunan sesuai SKB-4 Menteri. Sehingga proses pencairan dana desa tahap I 20 % akan bisa terealisasi dan kegiatan pembangunan di Kampung bisa segera dilaksanakan.

(Red/JTW)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Komentari