Evaluasi pps pilgub 2018 ke pps pileg 2019

Poto bersama dalam acara evaluasi PPS Pilgub ke PPS Pileg di Aula Kec. Banjar Agung. (Do.desa.id/Photo : Jaini).

tunggalwarga.desa.id (02/03/2018). Dalam rangka pelaksanaan Pemilu Legislatif tahun 2019, anggota PPS se-Kecamatan Banjar Agung mengikuti kegiatan evaluasi mengenai kinerja anggota PPS dalam tahapan Pilgub 2018. Kegiatan evaluasi ini dilaksanakan di aula Kecamatan Banjar Agung yang diikuti oleh anggota PPS dan Sekretariat PPS se-Kecamatan Banjar Agung 01/03/2018 yang dimulai pukul 09.00 WIB. Dalam kegiatan evaluasi ini dihadiri oleh Komisioner KPU Kabupaten Tulang Bawang Reza Tri Maryati dan Staff KPU Kabupaten Tulang Bawang, anggota PPK Pilgub dan anggota PPK Pileg Kecamatan Banjar Agung, anggota PPS dan Sekretariat se-Kecamatan Banjar Agung.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengevaluasi kinerja ketua dan anggota PPS dalam tahapan Pilgub 2018. Dari hasil evaluasi ini akan menentukan apakah ketua dan anggota PPS tersebut dapat dikukuhkan kembali atau tidak menjadi ketua dan anggota PPS dalam tahapan Pileg 2019. Apabila dalam hasil evaluasi mendapatkan penilaian yang baik, maka akan dikukuhkan kembali menjadi ketua dan anggota PPS dalam Pileg 2019, begitu juga sebaliknya.

Para anggota PPS dan Sekretariat PPS menyanyikan lagu Indonesia Raya. (Dok.desa.id/Photo : Jaini).

Kegiatan ini diawali dengan pembacaan do’a, menyanyikan lagu Indonesia Raya, kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua PPK Pilgub Bapak Al Mukmin. Dalam sambutannya beliau mengatakan tidak akan panjang lebar dalam memberikan pengarahan kepada anggota anggota PPS, nanti akan disampaikan pengarahan langsung oleh Komisioner KPU Kabupaten Tulang Bawang. Beliau menyampaikan apabila dalam kegiatan evaluasi ini ada yang kurang jelas bisa langsung ditanyakan langsung kepada Komisioner KPU Reza Tri Maryati.

Selanjutnya dilaksanakan sambutan oleh Komisioner KPU Kabupaten Tulang Bawang Reza Tri Maryati yang meperkenalkan anggota PPK Pileg dan anggota PPK Pilgub. “Anggota PPS Pilgub yang dikukuhkan kembali menjadi anggota PPS Pileg 2019 nantinya akan mempunyai atasan yang baru yaitu anggota PPK Pileg,” sambut beliau. Beliau juga merasa puas dengan kesanggupan dari anggota PPS Pigub untuk dikukuhkan kembali menjadi anggota PPS Pileg. Kemudian evaluasi PPS Pilgub ke PPS Pileg dibuka secara resmi oleh Ibu Reza Tri Maryati.

Komisioner KPU Kab. Tulang Bawang Ibu Reza Tri Maryati membuka acara evaluasi PPS Pilgub ke PPS Pileg di aula Kec. Banjar Agung. (Dok.desa.id/Photo : Jaini).

Dalam pelaksanaan evaluasi ini, anggota PPS dan sekretariat PPS mendapatkan lembaran yang berisi pertanyaan kuisioner yang berisi 12 pertanyaan. Setiap anggota PPS mendapatkan dua lembar kuisioner untuk menilai dua anggota PPS yang lain. Dan sekretaria PPS yang berjumlah tiga orang mendapatkan masing-masing satu lembar kuisioner untuk menilai satu anggota PPS yang dipilih, satu anggota sekretariat menilai satu anggota PPS.

Selesai pelaksanaan kegiatan evaluasi dilanjutkan dengan acara tanya jawab yang dipandu langsung oleh Komisioner KPU Ibu Reza. Pertanyaan pertama diutarakan oleh Bapak Parlan mengenai honor PPDP yang belum dibayarkan sampai saat ini. Pertanyaan ini langsung dijawab oleh Ibu Reza bahwa untuk honor PPDP dalam minggu ini sudah bisa di cairkan, tapi hal ini tergantung dari pembuatan SPJ dari PPK se-Kabupaten Tulang Bawang.

Bapak Parlan Ketua PPS Kampung Banjar Dewa sedang memberikan pertanyaan kepada Komisioner KPU Kab. Tulang Bawang. (Dok.desa.id/Photo : Jaini).

Pertanyaan kedua disampaikan oleh Bapak Badar Ketua PPS dari Kampung Tri Darma Wirajaya yang menanyakan mengenai honor dua jabatan PPS Pilgub dan PPS Pileg yang dijabat oleh satu orang. Kemudian menanyakan mengenai anggota PPS yang nantinya berhalangan dan anggota Sekretariat yang akan mengundurkan diri. Pertanyaan ini dijawab oleh Ibu Reza, mengenai honor PPS Pilgub dan PPS Pileg bahwa honornya dibayar dobel. Honor PPS Pileg akan dibayarkan mulai bulan april 2018.

Mengenai anggota PPS yang berhalangan karena sesuatu hal, membuat surat pengunduran diri diajukan kepada PPK, kemudian dicari penggantinya dengan melengkapi persyaratan yang telah ditentukan. Mengenai anggota Sekretariat yang akan mengundurkan diri agar membuat surat pengunduran diri juga yang diajukan kepada PPK, kemudian dicari penggantinya. Untuk anggota sekretariat PPS Bu Reza menyarankan dicari dari perangkat kampung yang ada.

Bapak Badar Ketua PPS Kampung Tri Darma Wirajaya sedang memberikan beberapa pertanyaan kepada Komisioner KPU Kab. Tulang Bawang. (Dok.desa.id/Photo : Jaini).

Dengan berakhirnya acara tanya jawab, maka kegiatan evaluasi PPS Pilgub ke PPS Pileg telah selesai dilaksanakan dan dilanjutkan dengan poto bersama. Mudah-mudahan hasil evaluasi anggota PPS Pilgub hari ini mendapatkan hasil penilaian yang baik, sehingga bisa dikukuhkan kembali menjadi anggota PPS Pileg yang akan dilaksanakan tanggal 08 Maret 2018 yang akan datang.

(Red/JTW)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Komentari