Kegiatan rutin jam’iyah sholawat simtudduror

Kegiatan Sholawatan Simtudduror di Balai Kampung Tunggal Warga. (Dok.desa.id/Photo : Jaini).

tunggalwarga.desa.id : Sholawat simtudduror merupakan kegiatan peribadatan umat muslim yang dilakukan secara berjamaah. Sholawat simtudduror ini berisi syair-syair tentang kisah perjalanan hidup dan pujian kepada baginda rasulullah SAW dengan bahasa yang indah dan penuh makna. Sholawat ini di ciptakan oleh al habib ali bin muhammad al habsyi. Beliau adalah seorang ulama besar dan waliyullah asal hadraumut tarim yaman. Beliau lahir pada tahun 1259 hijriyah / 1839 masehi, dan wafat pada tahun 1333 hijriyah / 1913 masehi.

Para jama’ah sholawatan simtidduror sedang melantunkan sholawat di iringi dengan alat hadroh. (Dok.desa.id/Photo : Jaini).

Kegiatan sholawatan ini telah menjadi kegiatan rutin bulanan bagi umat muslim di tulang bawang dan sekitarnya. Pada malam minggu kliwon 03/02/2018 kegiatan sholawat ini dilaksanakan di balai kampung Tunggal Warga, dihadiri oleh Kepala Kampung Tunggal Warga beserta aparatur kampung dan jamaah sholawat dari beberapa kampung di wilayah tulang bawang dan tulang bawang barat.

Kegiatan sholawat simtudduror dan rhotibul haddad ahbaburrosul tersebut dipimpin oleh habib misbahul munir al makki alhafidz yang merupakan pendiri jamaah sholawat tersebut. jami’iah sholawat ini mempunyai kantor sekretariat di masjid nurul iman jalan ethanol kampung tunggal warga kecamatan banjar agung kabupaten tulang bawang.

Pimpinan jami’iah sholawat simtudduror habib misbahul munir al Makki al hafidz sedang mengimami sholawatan. (Dok.desa.id/Photo : Jaini).

Jami’iah sholawat simtudduror yang dipimpin oleh habib misbahul munir al makki alhafidz ini mempunyai jama’ah di tiga kabupaten yaitu tulang Bawang, tulang bawang barat, dan mesuji. Setiap sebulan sekali dilaksanakan kegiatan sholawatan dengan tempat bergiliran dari tiga kabupaten tersebut. Kegiatan ini berisi puji-pujian sholawatan yang di iringi oleh alat hadroh.

Dengan kegiatan sholawatan simtudduror ini mudah-mudahan mendapatkan syafa’at dari rosululloh SAW, dan menjadi sarana meningkatkan ukhuwah islamiyah, meningkatkan keimanan dan sebagai syiar islam.

(Red/JTW)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Komentari