Rapat pleno “PPK” kecamatan banjar agung

Penyerahan berkas berita acara pleno DPHP Kecamatan Banjar Agung oleh Ketua PPK Pilgub Al-Mukmin kepada Panwascam Setya Budi Pramono,S.Sos. (Dok.desa.id/Photo : Jaini).

tunggalwarga.desa.id(09/03/2018). Hari ini jum’at 09/03/2018 dilaksanakan rapat pleno terbuka Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) tingkat Kecamatan Banjar Agung. Rapat pleno dilaksanakan di Balai kampung Banjar Agung, dimulai pada pukul 14.00 wib. Hadir dalam rapat tersebut komisioner KPU, panwascam, PPL , PPK dan pps se-kecamatan Banjar Agung, dan perwakilan dari pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur nomor urut 4 (empat).

Acara ini diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan pembacaan do’a. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua PPK Pilgub Al-Mukmin. Beliau menyampaikan apresiasi dan bangga atas kinerja PPS dan PPDP yang penuh semangat melaksanakan coklit, walaupun ada beberapa kendala di lapangan namun bisa diselesaikan berkat kerjasama dan koordinasi yang baik dengan Panwas dan PPL.

Ketua PPK Pilgub Bapak Al-Mukmin sedang memberikan sambutan. (Dok.desa.id/Photo : Jaini).

Sambutan selanjutnya disampaikan oleh komisioner KPU Ibu Reza Tri Maryati. Beliau mengucapkan selamat kepada anggota PPS yang baru dilantik dan dikukuhkan kembali sebagai PPS Pemilu 2019. “Saya juga mengucapkan terima kasih atas kerja keras dari anggota PPS yang memonitoring kegiatan coklit yang dilakukan oleh PPDP, sehingga diperoleh data yang lebih baik, aktual, dan lebih nyata karena PPDP mencoklit door to door,”tutur beliau.

Sebelum pembacaan Pleno, Ketua Panwascam Banjar Agung Setya Budi Pramono,S.Sos menyampaikan interupsi. Beliau menyampaikan beberapa catatan dan temuan yang pertama mengenai pelaksanaan pleno di tingkat PPS yang tidak sesuai tahapan. Temuan yang kedua bahwasanya PPL dan Panwascam sesuai dengan PKPU nomor 02 tahun 2017 halaman 17 harus mendapatkan hardcopy dari PPS dan PPK.

Komisioner KPU Ibu Reza Tri Maryati sedang memberikan sambutan. (Dok.desa.id/Photo : Jaini).

“Saya sudah melayangkan surat pencegahan kepada PPK dan PPS, namun sampai sekarang belum mendapatkan hardcopy yang diminta, kami hanya diberi dalam bentuk shoft copy saja,”ujar panwascam. Temuan yang ketiga adalah bahwa PPS yang di klarifikasi bukan murni kesalahan PPS melainkan kesalahan KPU karena hasil coklit yang dikumpilkan oleh PPS terjadi perubahan yang dilakukan oleh KPU.

Setelah interupsi oleh Panwascam Setya Budi Pramono, dilakukan pembacaan pleno Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) tingkat Kecamatan Banjar Agung yang dibacakan oleh anggota PPK Elda Fitriana. Total pemilih baru se-Kecamatan Banjar Agung sebanyak 11.618 orang, pemilih tidak memenuhi sarat sebanyak 9.999 orang, perbaikan data pemilih sebanyak 1.532 orang. Jumlah pemilih non KTP-Elektronik di Kecamatan Banjar Agung sebanyak 923 pemilih.

Pembacaan pleno DPHP Kecamatan Banjar Agung oleh anggota PPK Elda Fitriana. (Dok.desa.id/Photo : Jaini).

Selanjutnya dilakukan penandatangan berita acara pleno DPHP tingkat Kecamatan Banjar Agung oleh anggota PPK dan anggota PPS, kemudian dilakukan serah terima berkas berita acara hasil pleno Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) dari PPK kepada Panwascam dan tim pengusung pasangan calon yang diserahkan oleh Ketua PPK Pilgub Al-Mukmin kepada Ketua Panwascam Setya Budi Pramono,S.Sos dan perwakilan tim pasangan calon nomor urut 4 (empat). .

Mudah-mudahan dari hasil pleno Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) hari ini diperoleh data DPS dan DPT yang lebih baik, aktual, dan lebih nyata sehingga mendapatkan hasil pemilu yang berkualitas.

(Red/JTW)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Komentari