Menjaga keamanan lingkungan dengan siskamling

Kepala Kampung Tunggal Warga bersama dengan anggota linmas dan anggota Kepolisian dan TNI sedang mengontrol kesiapan siskamling di Rk. 04 . (Dok.desa.id/Photo : Jaini).

tunggalwarga.desa.id, (13/03/2018) : Keamanan merupakan salah satu faktor penting dalam menjalankan kehidupan bermasyarakat di suatu wilayah, baik di kota maupun di Perdesaan. Apabila keamanan di lingkungan kita sudah tidak ada, maka sudah pasti kita merasa sudah tidak nyaman lagi untuk menetap di lingkungan tersebut. Untuk menjaga keamanan memang negara sudah mempunyai petugas keamanan seperti TNI maupun POLRI, namun jumlah mereka yang terbatas tidak mungkin bisa menjaga keamanan di wilayah Indonesia yang begitu luas. Di sinilah diperlukan peran serta masyarakat dalam menjaga keamanan di lingkungan masing-masing.

Dari dahulu kita telah mengenal adanya program pengamanan oleh masyarakat yang sebenarnya sangat efektif jika dilaksanakan dengan baik. Program tersebut adalah sistem keamanan lingkungan atau yang biasa disingkat dengan SISKAMLING. Program tersebut diciptakan untuk mendukung upaya pemerintah dalam menjamin keamanan setiap warganya dari segala bentuk tindak kejahatan yang mungkin mengancam.

Petugas keamanan dari TNI dan Kepolisian sedang mengontrol kegiatan siskamling di Rk. 08 Kampung Tunggal Warga. (Dok.desa.id/Photo : Jaini).

Masyarakat membutuhkan lingkungan yang tertib dan aman untuk dapat menjalani kehidupan yang nyaman di tempat mereka tinggal. Oleh karena itu kita harus melaksanakan kewajiban-kewajiban kita selaku warga masyarakat terhadap lingkungan untuk menciptakan tempat tinggal seperti yang kita harapkan. Salah satu upaya yang bisa kita lakukan untuk menjamin keamanan lingkungan yakni dengan melaksanakan program kegiatan siskamling.

Petugas Kepolisian dan TNI sedang mengecek kelengkapan di Pos siskamling. (Dok.desa.id/Photo : Jaini).

Manfaat dari kegiatan siskamling bukan hanya semata-mata untuk menjaga keamanan, tetapi bisa sebagai sarana untuk silaturahmi atau saling mengenal dengan warga di lingkungan kita. Karena seperti di wilayah Kampung Tunggal Warga banyak sekali warga pendatang yang mengadu nasip dengan berdagang atau bekerja di pasar. Dengan berbagai kesibukan masing-masing mereka tidak ada waktu untuk berkunjung ke rumah tetangga. Dengan adanya siskamling ini mereka menjadi mengenal siapa tetangga di lingkungan mereka.

Kegiatan siskamling di Rk 08 Kampung Tunggal Warga mendapat kunjungan dari tim Kepolisian dan TNI. (Dok.desa.id/Photo : Jaini).

Menjaga keamanan dan ketertiban adalah tugas kita bersama, baik masyarakat dan pemerintah. Dengan kegiatan siskamling yang dilakukan diharapkan dapat mencegah terjadinya tindakan yang dapat menggangu keamanan seperti kejahatan pencurian, perampokan, juga apabila terjadi bencana alam seperti kebakaran atau banjir bisa langsung memberikan informasi dan bantuan kepada warga masyarakat.

(Red/JTW).

Jadi yang Pertama Berkomentar

Komentari