Lomba asah terampil dalam rangka “HUT” ke-21 kabupaten tulang bawang

Poto bersama setelah selesai kegiatan lomba asah terampil kelompok tani dan gapoktan tingkat Kabupaten Tulang Bawang. (Dok.desa.id/Photo : Jaini).

tunggalwarga.desa.id (16/03/2018). Hari ini Jum’at 16/03/2018 dilaksanakan lomba asah terampil tingkat Kabupaten Tulang Bawang tahun 2018. Lomba ini dilaksanakan di gedung badan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak dalam rangka memperingati HUT ke-21 Kabupaten Tulang Bawang. Lomba ini diikuti oleh empat tim dari kecamatan Banjar Agung, kecamatan Banjar Baru, kecamatan Penawar Tama, dan kecamatan Rawa Pitu.

Hadir dalam acara ini asisten II bidang pengembangan ekonomi, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tulang Bawang, Kepala Dinas koperasi dan UKM, Kepala Badan Pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, para pejabat eselon III dan IV di lingkup pemerintahan Kabupaten Tulang Bawang, Kepala BPP se-kabupaten Tulang Bawang, Camat Banjar Agung, pengurus Gapoktan dan Kelompok Tani, para peserta lomba dan para suporter lomba asah terampil.

Camat Banjar Agung Bapak Sudirman,SH hadir dalam acara lomba asah terampil. (Dok.desa.id/Photo : Jaini).

Acara dimulai sekitar pukul 09.00 WIB diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dilanjutkan dengan pembacaan do’a. Kepala Dinas Pertanian Bapak Ir.H. Sumarno memberikan sambutan pertama dalam acara ini memberikan laporan sebagai ketua pelaksana kegiatan lomba asah terampil pada hari ini. Dasar dari pelaksanaan lomba asah terampil ini adalah Peraturan Bupati Tulang Bawang Nomor : B85/1:/8TB/2018 tentang panitia pelaksana kegiatan HUT Kabupaten Tulang Bawang yang ke-21.

“Maksud dan tujuan dari lomba asah terampil ini adalah untuk memotivasi petani dan kelompok tani dalam kegiatan pertanian sesuai dengan rekomendasi serta mengembangkan fungsi kelembagaan kelompok tani,”tambah beliau. Dalam lomba asah terampil kali ini diikuti oleh 4(empat) tim dari kecamatan Banjar Agung, Kecamatan Banjar Baru, Kecamatan Penawar Tama, dan Kecamatan Rawa Pitu. Dalam lomba asah terampil tahun ini dilombakan dari pemenang rayon pada tahun yang lalu.

Kepala Dinas Pertanian Bapak Ir.H. Sumarno memberikan laporan mengenai kegiatan asah terampil. (Dok.desa.id/Photo : Jaini).

Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Asisten II Bidang Pengembangan Ekonomi Bapak Tamami Akib yang mewakili Bupati Tulang Bawang Hj. Winarti,SE.MH. Dalam sambutan tertulisnya, Bupati Tulang Bawang menyampaikan salah satu misi pembangunan untuk mewujudkan visi Kabupaten Tulang Bawang 2017-2022 adalah terwujudnya Tulang Bawang yang aman, mandiri, dan sejahtera. Salah satu inti dari visi tersebut adalah meningkatkan perekonomian masyarakat untuk mengurangi angka pengangguran.

“Lomba asah terampil ini merupakan sebagai kegiatan lomba menguji ilmu pengetahuan dan keterampilan petani sebagai pelaku utama dalam melaksanakan usaha tani, baik di sektor tanaman pangan, perkebunan, peternakan, dan pengetahuan umum lainnya. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memacu dan memotivasi para petani untuk melaksanakan sesuai petunjuk teknologi pertanian serta mengembangkan fungsi kelembagaan kelompok tani sebagai wadah fungsi kerjasama,”tambah sambutan tertulis Bupati Tulang Bawang.

Asisten II Bidang pengembangan ekonomi Bapak Tamami Akib sedang membacakan sambutan tertulis Bupati Tulang Bawang Hj. Winarti,SE,MH. (Dok.desa.id/Photo : Jaini).

Selanjutnya Asisten II Bidang Pengembangan Ekonomi secara resmi membuka kegiatan lomba asah terampil dan dilanjutkan dengan rangkaian perlombaan. Pelaksanaan lomba di pandu oleh panitia dan dilakukan penilaian oleh tiga orang juri. Lomba asah terampil di menangkan oleh tim dari kecamatan Banjar Baru dengan total nilai 1430, urutan kedua tim dari kecamatan rawa pitu dengan total nilai 1275, urutan ketiga tim dari kecamatan banjar agung dengan total nilai 1180, dan urutan keempat tim dari kecamatan penawar tama dengan total nilai 925.

Empat tim peserta lomba asah terampil sedang mengikuti lomba asah terampil. (Dok.desa.id/Photo : Jaini).

Dengan lomba asah terampil kelompok tani kali ini diharapkan dapat memacu dan memotivasi para petani untuk lebih giat dalam mengasah ilmu pertanian dan melaksanakan teknologi pertanian sesuai dengan petunjuk teknologi yang terbaru, ehingga petani akan lebih maju dan sejahtera.

(Red/JTW)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Komentari