Rapat penyerahan daftar pemilih sementara (DPS)

Pelaksanaan rapat penyerahan dokumen DPS oleh PPK Kecamatan Banjar Agung kepada Ketua PPS se-Kecamatan Banjar Agung. (Dok.desa.id/Photo : Jaini).

tunggalwarga.desa.id (24/03/2018). Hari jum’at kemarin 23/03/2018 dilaksanakan rapat koordinasi antara PPK kecamatan Banjar Agung dengan ketua PPS se-Kecamatan Banjar Agung. Acara tersebut dilaksanakan di kantor sekretariat PPK Kecamatan Banjar Agung, dimulai sekitar pukul 13.30 WIB. Hadir dalam acara tersebut ketua PPK Pileg Pytrah Haryono beserta anggota PPK, dan ketua PPS se-Kecamatan Banjar Agung.

Ketua PPK Pileg Pytrah Haryono memimpin acara rapat koordinasi tersebut. Beliau menyampaikan bahwa rapat hari ini ada dua agenda. “Agenda yang pertama adalah penyerahan operasional PPS bulan Januari dan Februari. Sedangkan agenda yang kedua adalah penyerahan dokumen Daftar Pemilih Sementara atau DPS,”tutur Pytrah Haryono.

Ketua PPK Pileg Pytrah Haryono memberikan sambutan dalam acara rapat penyerahan dokumen DPS. (Dok.desa.id/Photo : Jaini).

Ketua PPK Pileg Pytrah Haryono menyampaikan bahwa untuk honor anggota PPS sampai hari ini belum keluar. “Ini dikarenakan ada beberapa kecamatan yang belum menyetor spj ke KPU Kabupaten, sehingga menghambat keluarnya honor anggota PPS,”Pytrah menjelaskan. Mengenai DPS, hari ini sudah bisa diserahkan dokumen DPS kepada ketua PPS. Setelah melalui tahapan demi tahapan mulai dari pencoklitan, pleno DPHP tingkat PPS, pleno DPHP tingkat PPK, dan pleno DPHP tingkat KPU Kabupaten, akhirnya berhasil tersusun dokumen DPS yang akan diserahkan pada hari ini,”tambah Ketua PPK Pileg Pytrah Haryono.

Ketua PPS se-Kecamatan Banjar Agung hadir dalam acara penyerahan dokumen DPS. (Dok.desa.id/Photo : Jaini).

Setiap PPS mendapatkan dokumen DPS sebanyak tiga rangkap. Satu rangkap untuk dipasang di balai kampung masing-masing kampung. Satu rangkap dipasang di TPS atau tempat yang strategis di setiap kampung, dan yang satu rangkap sebagai arsip untuk PPS. Pemasangan dilakukan serempak hari sabtu 24/03. Ketua PPK Pytrah Haryono menghimbau agar pemasangan dokumen DPS menggunakan triplek dan dipasang per TPS agar memudahkan warga masyarakat dalam mengecek data tersebut. Setelah dilakukan pemasangan agar PPS melaporkan dengan mengirimkan dokumentasi kepada PPK.

Penyerahan dokumen DPS Pilgub oleh anggota PPK kepada Ketua PPS Kampung Tunggal Warga. (Dok.desa.id/Photo : Jaini).

Acara rapat di akhiri dengan penyerahan dokumen DPS yang diserahkan oleh anggota PPK kepada ketua PPS masing-masing kampung. Dari dokumen DPS ini mudah-mudahan menjadi dokumen DPT yang valid dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Lampung.

(Red/JTW).

Jadi yang Pertama Berkomentar

Komentari