Pemeriksaan rencana anggaran pendapatan dan belanja kampung tahun anggaran 2018

Kepala Kampung Tunggal Warga Bapak Bahrin dan Operator Kampung Tunggal Warga Jaini sedang mengikuti pemeriksaan dokumen RAPBKAM yang diperiksa oleh Bapak Aan Zeni Pejabat DPMK/K Kabupaten Tulang Bawang. (Dok.desa.id/Photo : Jaini).

tunggalwarga.desa.id(20/04/2018). Dalam rangka memenuhi persyaratan dalam pencairan dana desa tahun 2018, kampung harus menyusun dokumen perencanaan kegiatan pembangunan desa yaitu menyusun RPJMKam, RKPKam, dan APBKam. Dalam melaksanakan penyusunan dokumen perencanaan tersebut diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 114 tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Desa.

Dalam Permendagri nomor 114 tahun 2014 tersebut diatur tata cara penyusunan RPJMKam, RKPKam, dan APBKam. Dalam penyusunan APBKam harus memenuhi ketentuan bahwa bidang penyelenggaraan pemerintahan kampung tidak boleh melebihi 30 % dari jumlah total pendapatan kampung.

Pemeriksaan RAPBKAM Kampung Tri Darma Wirajaya oleh Kasi Pengembangan Kampung / Kelurahan M.Sya’bani Farid,SH. (Dok.desa.id/Photo : Jaini).

Selain dari pada itu, dalam penyusunan APBKam tahun 2018 harus memenuhi ketentuan dari SKB 4 Menteri mengenai padat karya tunai.Maksudnya dari kegiatan pembangunan dalam APBKam harus memenuhi minimal 30 % dari total anggaran kegiatan pembangunan untuk HOK atau padat karya tunai.

Dalam rangka memenuhi persyaratan tersebut, kemarin 19/04/2018 dilaksanakan pemeriksaan RAPBKam yang telah disusun oleh sebelas Kampung di kecamatan Banjar Agung. Pemeriksaan dilaksanakan di Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung/Kelurahan (DPMK/K) yang dihadiri oleh kepala kampung dan operator kampung se-Kecamatan Banjar Agung.

Pelaksanaan pemeriksaan RAPBKAM Kampung Tri Mulya Jaya oleh Bapak Aan Zein pejabat DPMK/K Kabupaten Tulang Bawang. (Dok.desa.id/Photo : Jaini).

Hadir dalam acara tersebut Camat Banjar Agung Bapak Sudirman,SH,Kasi PMD Kecamatan Banjar Agung Bapak Deddy Miske,SKM, dan Staf PMD Kecamatan Banjar Agung Bapak Eka Putra. Kecamatan dalam pelaksanaan perencanaan penyusunan adalah sebagai pembina dan melakukan verifikasi terhadap kelengkapan persyaratan dalam pencarian dana desa.

Hadir juga dalam kegiatan tersebut para pendamping desa dan pendamping lokal desa se-Kecamatan Banjar Agung yang ikut berperan dalam pendampingan penyusunan perencanaan pembangunan di kampung. Pemeriksaan dipimpin oleh Kasi Pengembangan Kampung/Kelurahan M. Sya’bani Farid,SH yang dibantu oleh Bapak Aan Zein dan Ibu Erma Suri.

Para operator Kampung ikut menyaksikan pemeriksaan RAPBKAM Kampung Tri Darma Wirajaya oleh Bapak M. Sya’bani Farid, SH.(Dok.desa.id/Photo : Jaini).

Pemeriksaan dilakukan secara bergantian dengan memeriksa dokumen RAPBKam yang telah disusun oleh Kampung. Dari hasil pemeriksaan tersebut terdapat beberapa koreksi yang harus diperbaiki demi tersusunnya dokumen APBKam yang sesuai dengan aturan yang ada, sehingga diharapkan dapat segera terpenuhi sebagai persyaratan pencairan dana desa tahun 2018, dan di jadikan dasar dalam pelaksanaan kegiatan pembangunan desa tahun 2018.

(Red/JTW)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Komentari