Launching pencairan dana desa tahap 1 20 % tahun anggaran 2018

Poto bersama Bupati Tulang Bawang Hj. Winarti, SE, MH bersama dengan Kepala Kampung yang menerima pencairan Dana Desa secara simbolis. (Dok.desa.id / Photo : Jaini).

tunggalwarga.desa.id (05/05/2018) | Kemarin (04/05/2018) dilaksanakan launching Dana Desa tahap 1 20 % tahun anggaran 2018 dan Penghasilan Tetap Kepala Kampung dan Perangkat Kampung bulan Januari s/d Maret 2018. Launching dilakukan secara simbolis oleh Bupati Tulang Bawang Hj.Winarti,SE,MH di serahkan kepada perwakilan tiga Kepala Kampung yaitu Kepala Kampung Tunggal Warga Bapak Bahrin, Kepala Kampung Cakat Raya Bapak Hi. Bambang Sumantri, dan Kepala Kampung dari Banjar Margo.

Bupati Tulang Bawang Hj. Winarti, SE,MH tiba di Aula Pemda Kabupaten Tulang Bawang menempati tempat duduk yang telah di persiapkan. (Dok.desa.id / Photo : Jaini).

Acara ini dilaksanakan di aula Kantor Pemda Kabupaten Tulang, yang merupakan rangkaian kegiatan dari sosialisasi PBB P2 yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang. Selain itu Bupati Tulang Bawang juga menyampaikan beberapa program unggulan yang akan dilaksanakan di tahun 2018, yaitu santunan kematian, bantuan untuk penyandang disabilitas dan orang tua lanjut usia.

Bupati Tulang Bawang Hj. Winarti, SE, MH menyerahkan buku rekening pencairan DD tahap 1 secara simbolis kepada Kepala Kampung Tunggal Warga Bapak Bahrin. (Dok.desa.id / Photo : Jaini).

“Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang menganggarkan 1 milliar rupiah untuk santunan kematian di tahun anggaran 2018,”Jelas Bupati Tulang Bawang. Setiap ahli waris dari anggota keluarga yang meninggal akan mendapatkan santunan sebesar satu juta rupiah. Beliau menghimbau kepada Kepala Kampung agar mensosialisasikan program ini kepada warganya. Dan apabila ada warganya yang meninggal dunia di tahun 2018 ini agar segera mengajukan persyaratan untuk mendapatkan santunan.

Selain dari program santunan kematian, Pemkab Tulang Bawang juga memberikan bantuan sosial untuk penyandang disabilitas dan lanjut usia. Setiap orangnya akan mendapatkan bantuan sebesar seratus ribu setiap bulan. Kepala Kampung agar bisa mendata lansia sesuai dengan kriteria yang ada. Mudah-mudahan dengan bantuan sosial ini bisa bermanfaat untuk penyandang disabilitas dan lansia yang menerima bantuan sosial ini.

Bupati Tulang Bawang menyerahkan buku rekening pencairan DD tahap 1 secara simbolis kepada Ketua Forum Kepala Kampung Kec. Banjar Margo. (Dok.desa.id / Photo : Jaini).

Untuk pencarian Dana Desa 20 % tahap 1 tahun anggaran 2018 ini, Pemkab Tulang Bawang telah menyalurkan kepada delapan kecamatan dari 15 kecamatan di Kabupaten Tulang Bawang. Delapan kecamatan tersebut antara lain kecamatan Meraksa Aji, Penawar Aji, gedung aji, Menggala timur, Banjar Agung, Banjar Baru, Rawa Pitu, dan Gedung Aji Baru. Untuk tujuh kecamatan yang belum menerima pencairan Dana Desa agar segera melengkapi persyaratan administrasi yang diperlukan seminggu yang akan datang sudah dilengkapi, perintah Bupati Tulang Bawang.

Bupati Tulang Bawang menyerahkan buku rekening pencairan DD tahap 1 secara simbolis kepada Kepala Kampung Cakat Raya Bapak Hi. Bambang Sumantri. (Dok.desa.id / Photo : Jaini).

Selain Dana Desa 20 % tahap 1, Pemkab Tulang Bawang juga mencairkan Siltap Kepala Kampung dan perangkat Kampung, Tunjangan BPK, dan Insentif RT dari bulan Januari sampai Maret 2018. Dengan diterimanya siltap tersebut diharapkan agar bisa menambah semangat dalam melaksanakan kinerja di Pemerintah Kampung sesuai dengan tupoksi masing-masing.

(JTW)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Komentari