Kegiatan rutin posyandu balita

Penimbangan balita yang merupakan salah satu kegiatan dalam Posyandu Balita.(Dok.desa/Photo : Jaini).

tunggalwarga.desa.id (24/05/2018). Hari ini Kamis 24/05/2018 kader posyandu Kampung Tunggal Warga melaksanakan kegiatan rutin setiap bulannya. Yaitu Posyandu bayi dan balita di gedung posyandu Bougenville Kampung Tunggal Warga. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tanggal 24 setiap bulan sesuai jadwal yang telah disusun. Kegiatan Posyandu kali ini, Posyandu Bayi dan Balita dengan agenda pemberian imunisasi. Sebagaimana yang kita ketahui, Posyandu merupakan perpanjangan tangan Puskesmas yang memberikan pelayanan dan pemantauan kesehatan yang dilaksanakan secara terpadu. Kegiatan posyandu dilakukan oleh dan untuk masyarakat.

Posyandu sebagai wadah peran serta masyarakat, yang menyelenggarakan sistem pelayanan pemenuhan kebutuhan dasar, peningkatan kualitas manusia, secara empirik telah dapat memeratakan pelayanan bidang kesehatan. Kegiatan tersebut meliputi pelayanan imunisasi, pelayanan kesehatan ibu dan anak. Posyandu (pos pelayanan terpadu) adalah kegiatan yang dilaksanakan oleh, dari, dan untuk masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat pada umumnya serta kesehatan ibu dan anak pada khususnya. Posyandu merupakan bagian dari pembangunan untuk mencapai keluarga kecil bahagia dan sejahtera, dilaksanakan oleh keluarga bersama dengan masyarakat di bawah bimbingan petugas kesehatan dari puskesmas setempat. Sasaran utama kegiatan posyandu ini adalah bayi dan balita.

Petugas dari Puskesmas Tulang Bawang 1 Deri Merianzah sedang memberikan imunisasi. (Dok.desa / Photo : Musyarofah).

Para kader posyandu menempati meja dengan tugas masing-masing. Ada yang bertugas di meja pendaftaran, di meja pencatatan kartu KMS, dan di meja penimbangan. Dan kader yang lain membantu petugas kesehatan untuk memanggil nama bayi yang akan diperiksa, dan memisahkan kartu KMS sesuai dengan umur dan jatah imunisasi. Para ibu-ibu yang akan memeriksakan bayinya menempati tempat duduk yang disediakan untuk menunggu antrian. Kader adalah seorang tenaga sukarela yang direkrut dari, oleh dan untuk masyarakat, yang bertugas membantu kelancaran pelayanan kesehatan.

Keberadaan kader sering dikaitkan dengan pelayanan rutin di posyandu. Sehingga seorang kader posyandu harus mau bekerja secara sukarela dan ikhlas, mau dan sanggup melaksanakan kegiatan posyandu, serta mau dan sanggup menggerakkan masyarakat untuk melaksanakan dan mengikuti kegiatan posyandu. Kegiatan posyandu yang di lakukan kampung Tunggal Warga ini bertujuan mengetahui tumbuh kembang bayi dan balita serta memberikan penyuluhan tentang gizi dan pentingnya memberikan ASI Exklusif kepada bayi yang baru lahir.

Ibu-ibu duduk mengantri panggilan untuk pemeriksaan dan pemberian imunisasi bayinya.(Dok.desa/Photo : Musyarofah).

Dengan adanya kegiatan rutin posyandu bayi dan balita, diharapkan kesehatan bayi dan balita bisa terpantau, dan mendapatkan imunisasi yang sangat berguna sebagai kekebalan bagi bayi dan balita terhadap berbagai penyakit. Sehingga diharapkan akan bisa menurunkan angka kematian bayi khususnya di kampung Tunggal Warga.

(Jaini/TWG)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Komentari