Zakat fitrah 3.080 kg beras telah didistribusikan

Zakat fitrah sudah siap di distribusikan kepada 470 orang mustahiq.(Dok.desa.id/Photo : Jaini).

tunggalwarga.desa.id (14/06/2018). Zakat fitrah adalah zakat yang harus ditunaikan bagi seorang muzakki yang telah memiliki kemampuan untuk menunaikannya. Zakat fitrah adalah zakat wajib yang harus dikeluarkan sekali setahun yaitu saat bulan ramadhan menjelang idul fitri. Pada prinsipnya, zakat fitrah haruslah dikeluarkan sebelum sholat idul fitri dilangsungkan. Hal tersebut yang menjadi pembeda zakat fitrah dengan zakat lainnya.

Selain Zakat Fitrah sebagai pembersih jiwa, di wajibkan membayar Zakat harta atau zakat mal bagi yang telah memenuhi persyaratan satu nishof. Zakat mal untuk menyucikan harta , karena dalam setiap harta manusia ada sebagian hak orang lain. Oleh karenanya, tidak ada suatu alasan pun bagi seorang hamba Allah yang beriman untuk tidak menunaikan zakat fitrah karena telah diwajibkan bagi setiap muslim, laki-laki maupun perempuan, orang yang merdeka atau budak, anak kecil atau orang dewasa. Ini perkara yang telah disepakati oleh para ulama.

Panitia Amil Zakat Masjid Nurul Iman sedang menghitung perolehan zakat fitrah.

Zakat fitrah hukumnya wajib ditunaikan bagi setiap muslim yang mampu. Besar zakat fitrah yang harus dikeluarkan sebesar satu sha’ yang nilainya sama dengan 2,5 kilogram beras, gandum, kurma, sagu, dan sebagainya atau 3,5 liter beras yang disesuaikan dengan konsumsi per-orangan sehari-hari. Dan kalau di uangkan sebesar Rp. 25.000 per orang.

Ketentuan ini didasarkan pada hadits sahih riwayat Imam Ahmad, Bukhari, Muslim dan Nasa’i dari Ibnu Umar bahwa Rasulullah telah mewajibkan membayar membayar zakat fitrah satu sha’ kurma atau sha’ gandum kepada hamba sahaya, orang yang merdeka, laki-laki, perempuan, anak-anak, dan orang dewasa dari kaum muslim.

Zakat fitrah sudah siap untuk di distribusikan.

Panitia Amil Zakat Masjid Nurul Iman Kampung Tunggal Warga hari ini Kamis 14/06/2018 mulai menyalurkan zakat fitrah kepada para mustahiq di antaranya Fakir miskin, dan fisabilillah. Perolehan zakat fitrah berupa beras sebanyak 3.080 kg, dan uang sebanyak Rp.23.500.000. Jumlah penerima Zakat fitrah sebanyak 470 orang, setiap orang mendapatkan beras 7 kg dan uang sebesar Rp. 50.000.

Sebelum dilaksanakan pendistribusian zakat, Ketua Panita Amil Zakat Hi. Marzuki Ashiva menyampaikan perolehan zakat berupa beras sebanyak 3.080 kg dan uang sebanyak Rp.23.500.000. Dan setiap fakir miskin mendapatkan beras sebanyak 7 kg dan uang sebesar Rp. 50.000. Beliau berpesan kepada panitia di masing-masing musholla agar menjaga amanah ini, jangan sampai zakat fitrah ini tidak sampai kepada yang berhak menerima.

Ketua panitia Amil Zakat Masjid Nurul Iman Hi. Marzuki Ashiva sedang menyampaikan sambutan sebelum pendistribusian zakat fitrah.

Dengan di distribusikan zakat fitrah kepada fakir miskin, Mudah-mudahan hal ini bisa membantu mereka untuk bisa seperti yang lain, bisa merayakan lebaran Idul Fitri. Dan bisa menyempurnakan ibadah puasa ramadhan bagi yang mampu mengeluarkan zakat fitrah.

(Jaini/TW)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Komentari