Padat karya tunai mulai dilaksanakan

Pelaksanaan kegiatan padat karya tunai galian drainase dan pembuatan badan jalan di RK 03 Kampung Tunggal Warga.(Dok.desa/Photo : Jaini).

tunggalwarga.desa.id (20/07/2018). Berdasarkan Surat Keputusan Bersama Empat Menteri mengenai Padat Karya Tunai, kegiatan pembangunan dalam pelaksanaan anggaran dana desa yang bersumber dari APBN harus memenuhi hok 30 %. Kampung harus melaksanakan kegiatan padat karya murni supaya bisa memenuhi aturan hok 30 %.

Kampung Tunggal Warga dalam memenuhi peraturan SKB 4 Menteri mengenai Padat Karya Tunai dengan hok minimal 30 %, dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Kampung melaksanakan kegiatan padat karya tunai murni hok dengan kegiatan galian drainase dan pembuatan badan jalan sepanjang 650 m yang berlokasi di RK 03.

Kepala Kampung Tunggal Warga Bapak Bahrin Purwo Wigno mengawasi pengukuran badan jalan dan galian drainase.

Kegiatan galian drainase dan pembuatan badan jalan di anggarkan dalam dana desa tahap 2 40 %. Kampung Tunggal Warga telah mencairkan dana desa tahap 2 40 % dan langsung melaksanakan kegiatan padat karya tunai dengan melibatkan tenaga kerja dari warga masyarakat di sekitar lokasi galian drainase.

Pendamping desa dan pendamping lokal desa yang merupakan tenaga pendamping kegiatan dana desa yang merupakan kepanjangan tangan dari kementerian desa ikut mengawasi pelaksanaan padat karya tunai tersebut, yang di dampingi oleh pelaksana kegiatan dan aparatur kampung Tunggal Warga.

Pendamping Desa dan Aparatur Kampung mengawasi pelaksanaan Padat Karya Tunai pembuatan badan jalan dan galian drainase.

Dengan pelaksanaan padat karya tunai ini diharapkan bisa menciptakan lapangan kerja bagi warga masyarakat terutama warga masyarakat miskin agar dapat meningkatkan kesejahteraan warga masyarakat di Kampung Tunggal Warga.

(JAINI/TW)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Komentari