Pelaksanaan Imunisasi MR di Balai Kampung Tunggal Warga

Petugas kesehatan Puskesmas Tulang Bawang 1 sedang membersihkan Imunisasi MR.

tunggalwarga.desa.id (24/09/2018). Hari ini dilaksanakan kegiatan pemberian Imunisasi MR (Measles Rubella) yang dilaksanakan di Balai Kampung Tunggal Warga. Imunisasi MR merupakan program pemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan kekebalan masyarakat terhadap campak dan rubella, memutus transmisi virus campak dan rubella, menurunkan angka kesakitan campak dan rubella dan menurunkan angka kejadian CRS (Congenital Rubella Syndrome).

Vaksin Rubella tersedia dalam bentuk monovalent maupun kombinasi dengan vaksin virus yang lain misalnya dengan campak (Measles Rubella/MR). Vaksin MR diberikan secara subkutan dengan dosis 0,5 ml. Vaksin hanya boleh dilarutkan dengan pelarut yang disediakan dari produsen yang sama. Vaksin yang telah dilarutkan harus segera digunakan paling lambat sampai 6 jam setelah di larutkan.

Ibu-ibu sedang mengantri untuk mendapatkan Imunisasi MR untuk anaknya di Balai Kampung Tunggal Warga.

Kegiatan pemberian vaksin MR pada hari ini merupakan Fase kedua yang dilaksanakan pada bulan Agustus – September 2018 untuk luar pulau jawa. Kegiatan ini dilaksanakan oleh oleh 5 orang petugas kesehatan dari Puskesmas Tulang Bawang I dengan pembagian tugas dua orang petugas memasukkan vaksin MR dan dua orang bagian penyuntikan. Kader posyandu Kampung Tunggal Warga juga ikut membantu kegiatan imunisasi ini.

Imunisasi MR di Kampung Tunggal Warga hari ini diberikan kepada kurang lebih 210 anak usia 9 bulan sampai dengan usia 15 tahun. Ibu-ibu mendaftar kepada petugas pendaftaran dan di panggil satu per satu untuk mendapatkan imunisasi MR sesuai dengan nomor urut pendaftaran. Berdasarkan keterangan petugas kesehatan pemberian imunisasi ditunda apabila anak dalam kondisi demam, batuk pilek dan diare.

Petugas kesehatan Puskesmas Tulang Bawang I sedang memasukkan vaksin MR kedalam suntikan.

Dengan pelaksanan imunisasi MR pada hari ini diharapkan bisa tercapai sesuai dengan tujuan pelaksanaan imunisasi MR untuk meningkatkan kekebalan masyarakat khususnya di Kampung Tunggal Warga terhadap Campak dan Rubella sehingga menurunkan angka kejadian CRS (Congenital Rubella Syndrome).

(Red/JTW).

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Komentari