Pemerintah Kampung Tunggal Warga bersama Badan Permusyawatan Kampung Tunggal Warga tetapkan APBKAM Tahun 2019

PJ Kepala Kampung Tunggal Warga Makhqriza Heri Pratama, A.Md memberikan presentasi APBkam 2019.

tunggalwarga.desa.id | (22/03/2019).Hari Jum’at 22 Maret 2019 dilaksanakan rapat bersama antara Pemerintah Kampung Tunggal Warga bersama dengan Badan Permusyawatan Kampung Tunggal Warga. Rapat ini dilaksanakan di Balai Kampung Tunggal Warga dalam rangka Penetapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Kampung Tunggal Warga Tahun anggaran 2019.

Acara tersebut di mulai sekitar pukul 20.00 WIB, di hadiri oleh PJ Kepala Kampung Tunggal Warga beserta aparatur Kampung, Ketua dan anggota Badan Permusyawatan Kampung, LPMK, Ketua RK dan Ketua RT, sesuai undangan yang telah dibuat oleh Badan Permusyawatan Kampung Tunggal Warga.

Para undangan yang hadir dalam penetapan APBKam tahun 2019.

Kegiatan ini merupakan amanah Undang-undang Desa nomor 6 Tahun 2014, Permendagri no 20 tahun 2018, yang mana dalam melaksanakan pengelolaan Dana Desa, kampung harus membuat perencanaan terlebih dahulu sebelum melaksanakan kegiatan pengelolaan dana desa.Perencanaan tersebut di tuangkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Kampung.

Adapun sebelum proses penetapan APBKAM, sebelumnya dilakukan proses penggalian gagasan dan usulan di setiap dusun yang di tuangkan dalam dokumen RPJM Kampung sebagai acuan kegiatan pembangunan Kampung dalam waktu 6 tahun. Dari dokumen RPJM ini disusun rencana kerja pemerintah Kampung (RKP) setiap tahun sebagai dasar penyusunan APBKam.

Sekretaris BPK Edi Srianto sebagai pembawa acara dalam kegiatan rapat penetapan APBKam.

Kampung Tunggal Warga telah melaksanakan proses perencanaan kegiatan pembangunan kampung untuk tahun anggaran 2019. Setelah menyusun RKP, Pemerintah Kampung menyusun Rapbkam yang telah di tetapkan dengan Rancangan Peraturan Kampung tentang Rapbkam tahun 2019, yang kemudian di evaluasi oleh Bupati Tulang Bawang melalui Dinas DPMK/K.

Setelah mendapatkan hasil evaluasi, Rapbkam Kampung Tunggal Warga dilakukan koreksi dan perubahan sesuai hasil evaluasi, dan dipresentasikan kepada anggota BPK. Rapbkam yang telah diperbaiki sesuai hasil evaluasi sesuai instruksi dari DPPMK/K untuk segera di tetapkan bersama Badan Permusyawatan Kampung Tunggal Warga.

PJ Kepala Kampung Tunggal Warga Makhqriza Heri Pratama, A.Md memberikan presentasi APBkam 2019.

Kampung Tunggal Warga hari ini melaksanakan penetapan APBKAM bersama BPK. Adapun sebelum di tetapkan Pj Kepala Kampung Tunggal Warga Makhqriza Heri Pratama, A.Md menyampaikan presentasi APBKAM tahun 2019 yang di simak oleh para hadirin. Setelah di paparkan dilaksanakan tanya jawab. Dan penetapan APBKam Tunggal Warga di bacakan oleh anggota BPK, dan secara resmi di tetapkan menjadi APBKam tahun 2019.

Ketua BPK menetapkan APBKAM Kampung Tunggal Warga tahun 2019 setelah penandatanganan berita acara penetapan APBKam Kampung Tunggal Warga tahun 2019. Berita acara di bacakan oleh Sekretaris BPK, selanjutnya di lakukan ketok meja, yang dilakukan oleh Ketua BPK Munawar Cahyo tanda bahwa APBKAM Kampung Tunggal Warga tahun 2019 telah di tetapkan.

Ketua BPK Munawar Cahyo menetapkan APBKam tahun 2019 dengan ketok meja.

Mudah-mudahan dengan setelah di tetapkan nya APBKAM Tahun 2019, Kampung Tunggal Warga sudah bisa mengajukan permohonan pencairan dana desa tahap 1 dan pengajuan Siltap, dan sebagai dasar pelaksanaan pengelolaan dana desa di tahun 2019.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Komentari