Sejarah Desa 

Kampung Tunggal Warga adalah pecahan dari Kampung induk Dwi Warga Tunggal Jaya. Dwi Warga Tunggal Jaya adalah merupakan Desa pembina proyek transmigrasi Tulang Bawang I Desa Unit II tahun 1978 dengan jumlah kepala keluarga yang di tempatkan sebanyak 500 Kepala Keluarga yang terdiri dari 4 RK yaitu RK 1, RK 2, RK 3, dan RK 4. 

Pada tahun 1980 Desa Dwi Warga Tunggal Jaya berada dalam wilayah Kecamatan Perwakilan Banjar Agung dengan Kecamatan Induk Menggala. Desa Dwi Warga Tunggal Jaya dipecah menjadi dua Desa yaitu , RK 1 dan RK 2 menjadi Desa Induk dengan nama tetap yaitu Desa Dwi Warga Tunggal Jaya dengan jumlah Kepala Keluarga sebanyak 250 KK, dan selanjutnya RK 3. dan RK 4 menjadi Desa Tunggal Warga dengan jumlah Kepala Keluarga sebanyak 250 KK. Pada tahun 1988 Desa Tunggal Warga merupakan Desa Persiapan didalam wilayah Kecamatan Perwakilan Banjar Agung.

Pada tahun 1996 Desa Tunggal Warga untuk pertama kalinya mengadakan pemilihan Kepala Kampung secara langsung. Selanjutnya di adakan pemekaran RK dari 2 RK menjadi 6 RK.

Seiring dengan terbentuknya Kabupaten Tulang Bawang dengan landasan hukum UU Nomor 02 tahun 1997 tentang Pembentukan Kabupaten Daerah Tingkat II Tulang Bawang dan Daerah Tingkat II Tanggamus, Kecamatan Banjar Agung menjadi Kecamatan Definitif Banjar Agung dengan membawahi wilayah sebanyak 17 Desa termasuk didalamnya adalah Desa Tunggal Warga.

Dengan Surat Keputusan Bupati Tulang Bawang Nomor 06 tahun 2000 tentang penyebutan Desa, Kepala Desa dan Badan Perwakilan Desa ( BPD ) dan Perangkat Desa dalam Kabupaten Tulang Bawang , maka Desa Tunggal Warga dirubah sebutannya menjadi Kampung Tunggal Warga.

Pada tahun 2009 Kampung Tunggal Warga dipecah menjadi tiga Kampung yaitu Kampung Induk nama tetap Kampung Tunggal Warga, Kampung Warga Makmur Jaya dan Kampung Warga Indah Jaya.

Sejarah Pemerintahan Desa

  • Dari tahun 1988 – 1996 Kepala Desa dijabat oleh Bapak Ristian yang di bantu oleh Sekretaris Desa Bapak Satiyo yang membawahi 3 ( Tiga )RK.
  • Dari tahun 1996 – 2002 Kepala Desa dijabat oleh Bapak Satiyo dibantu oleh Sekretaris Desa Bapak Dimyati yang membawahi 6 ( Enam ) RK.
  • Dari tahun 2005 – 2011 Kepala Kampung dijabat oleh Bapak Satiyo dibantu oleh Sekretaris Kampung Bapak Rasimin, tiga orang Kepala Urusan dan membawahi 10 (Sepuluh) RK atau Kepala Dusun dan RT-RT.
  • Dari tahun 2011 – 2012 Kepala Kampung dijabat oleh Pelaksana Harian (PLH) Bapak Deddy Miske, SKM dibantu oleh Sekretaris Kampung Bapak Rasimin, Bendahara Kampung, tiga Kepala Urusan dan membawahi 8 (Delapan) RK atau Kepala Dusun dan 41 RT.
  • Dari tahun 2012 – 2018 Kepala Kampung dijabat oleh Bapak Bahrin yang dibantu oleh Sekretaris Kampung Bapak Rasimin, Bendahara Kampung Bapak Jaini, tiga orang Kepala Urusan, dan membawahi 8 (Delapan) RK atau Kepala Dusun dan 44 RT.
    Facebook Comments